Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT di Kelas V SDN 15 Jalan Kereta Api Kec Pariaman Tengah

Hermi, Himelda (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT di Kelas V SDN 15 Jalan Kereta Api Kec Pariaman Tengah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HIMELDA_HERMI_56849_37_2015.pdf] Text
B1_6_HIMELDA_HERMI_56849_37_2015.pdf

Download (563kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran terlihat guru masih menggunakan pendekatan konvensional. Selain itu juga terlihat rendahnya minat siswa dalam belajar kelompok. Hal ini disebabkan dalam pembentukan kelompok guru cenderung kurang memperhatikan tingkat akademik siswa sehingga hasil belajar siswa rendah. Menyikapi kenyataan di atas, perlu diadakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di suatu kelas, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas tersebut. Dalam hal ini model pembelajaran kooperatif tipe team game turmament (TGT) merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat efektif dan efesien untuk dikembangkan. Model kooperatif tipe TGT ini merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 5 atau 6 orang. Jenis penelitian ini adalah PTK dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa lembar pengamatan, kuis dan dokumentasi dari setiap tindakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas SDN 15 Jalan Kereta api Pariaman Tengah Pada aspek pengamatan RPP pada siklus I 81,2 % meningkat menjadi 93,7%. Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru pda siklus I 79,1 meningkat menjadi 9,16 pada siklus II. Begitu juga dengan aktifitas siswa dari 75% menjadi 87,5 % pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I telah mencapai 72,2 menjadi 82,1

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 14 Jul 2025 09:52
Last Modified: 14 Jul 2025 09:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item
View Item