Saputri, Hilga Mila (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 03 2X11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HILGA_MILA_SAPUTRI_56934_4812_2012.pdf [thumbnail of B1_6_HILGA_MILA_SAPUTRI_56934_4812_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HILGA_MILA_SAPUTRI_56934_4812_2012.pdf
Download (255kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yaitu Kelas IV SDN 03 2X11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman, bahwa dalam pembelajaran IPS masih didominasi oleh guru, siswa masih bersifat pasif dan hanya menerima informasi-informasi yang diberikan oleh guru saja. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) di kelas IV SDN 03 2X11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Siklus I dilaksanakan Dua kali pertemuan dan siklus II juga dilaksanakan dengan dua kali pertemuan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 03 2X11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian siklus I pertemuan I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 66,91%, aspek afektif 58,62%, aspek psikomotor 62,25%. Siklus I pertemuan II ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 72,83%, aspek afektif 65,53%, aspek psikomotor 68%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 78,04%, aspek afektif 72,40%, aspek psikomotor 74,62%. Siklus II pertemuan II ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 84,59%, aspek afektif 74,06%, aspek psikomotor 80,87%. Telah terlihat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 2X11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 09:52 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 09:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15414 |