Nuanda, Fika Dea (2016) Pengaruh Penerapan Media Powerpoint Interaktif dalam Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMPN 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FIKA_DEA_NUANDA_1205628_3298_2016.pdf [thumbnail of B1_5_FIKA_DEA_NUANDA_1205628_3298_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FIKA_DEA_NUANDA_1205628_3298_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya pencapaian kompetensi IPA siswa salah satu penyebabnya yaitupenggunaan media pembelajaran yang yang belum mendukung modelpembelajaran yang dipilih guru, sehingga kurang mendukung pencapaiankompetensi spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan belajar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan mediapowerpoint interaktif dalam model pembelajaran terpadu tipe connected terhadappencapaian kompetensi IPA siswa kelas VII di SMPN 9 Padang.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (QuasiEksperimen Research) dengan rancangan Pretest- Posttest Control Group designyaitu dua kelompok dipilih secara random, kemudian diberi pretest untukmengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dankelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas VII SMPN9 Padang Tahun Ajaran 2015/2016, dan sampel yang digunakan diambilmenggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kompetensi sikap spiritual dansosial diukur melalui lembar observasi, kompetensi pengetahuan menggunakantes tertulis dan kompetensi keterampilan diukur menggunakan rubrik penilaianunjuk kerja. Data pada kompetensi sikap (spiritual dan sosial) dianalisismenggunakan uji t, pada kompetensi pengetahuan menggunakan uji t, uji hipotesisyang digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabe bebas dan variabelkontrol yaitu analisis korelasi product moment serta analisis regresi, dan untukkompetensi keterampilan dianalisis menggunakan uji t.Hasil analisis data ketiga kompetensi menggunakan uji t menunjukkanbahwa thitung> ttabel, hal ini berarti terdapat perbedaan yang berarti dari kedua kelassampel. Perbedaan ini dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen yanglebih tinggi dibandingkan kelas kontrol pada kompetensi sikap spiritual, sosial,pengetahuan dan keterampilan. Analisis korelasi Product Moment menunjukkan68,30% kompetensi pengetahuan dipengaruhi oleh penerapan media powerpointinteraktif dan sisanya 31,70% dipengaruhi oleh faktor lain. Analisis regresi padakompetensi pengetahuan menunjukkan hubungan yang kuat antara mediapowerpoint interaktif dengan kompetensi pengetahuan siswa. Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari penerapan mediapowerpoint interaktif dalam model pembelajaran terpadu tipe connected tehadappeningkatan kompetensi IPA siswa jelas VII SMPN 9 Padang pada tarafkesalahan 5%
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA POWERPOINT, MODEL PEMBELAJARAN, KOMPETENSI IPA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:33 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15403 |