Perbedaan Regulasi Emosi Siswa Laki-laki dan Perempuan.

Zonya, Ocha Lovensa (2019) Perbedaan Regulasi Emosi Siswa Laki-laki dan Perempuan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_OCHA_LOVENSA_ZONYA_15006100_4455_2019.pdf] Text
B1_5_OCHA_LOVENSA_ZONYA_15006100_4455_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Regulasi emosi yang rendah rentan terjadi pada remaja terutama remaja awal.Salah satu ciri-ciri remaja awal adalah peningkatan emosional yang terjadi dengancepat dan tidak stabil. Remaja meluapkan emosinya secara berlebihan seperticacian, makian, teriakan, berbicara dengan nada suara yang keras. Salah satu faktoryang mempengaruhi regulasi emosi adalah jenis kelamin, Seorang gadis yangberumur 7-17 tahun lebih dapat melupakan tentang emosi yang menyakitkandaripada anak laki-laki yang juga seumur dengannya, namun anak perempuan lebihbanyak mencari dukungan dan perlindungan dari orang lain untuk meregulasi emosinegatif mereka sedangkan anak laki-laki menggunakan latihan fisik untukmeregulasi emosi negatif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaranregulasi emosi siswa laki-laki, regulasi emosi siswa perempuan, dan mengujiperbedaan regulasi emosi pada siswa laki-laki dan perempuan kelas VII dan VIII.Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan komparatif yangmenggambarkan perbedaan regulasi emosi siswa laki-laki dan perempuan. Populasipenelitian berjumlah 394 orang siswa kelas VII dan VIII yang terdaftar pada tahunajaran 2019/2020, dengan jumlah sampel 118 orang, penarikan sampelmenggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaituangket yang diolah melalui teknik statistik dengan rumus persentase. Untuk melihatperbedaan regulasi emosi siswa laki-laki dan perempuan digunakan teknik t test.Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) regulasi emosi siswa laki-lakiberada pada kategori sedang, (2) regulasi emosi siswa perempuan berada padakategori rendah dan (3) terdapat perbedaan regulasi emosi siswa laki-laki danperempuan dengan signifikan 0,239, besaran t hitung yaitu 3,151 dengan derajatkebebasan (df) 116 nilai t tabel signifikansi 5% adalah 1,981. Berdasarkan hasilpenelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru BK/Konselor untuk dapatmenerapkan berbagai jenis layanan kepada siswa terkait regulasi emosi siswatersebut dapat secara nyata melihat situasi dan kondisi yang sedang dihadapi,merasionalkan cara berfikir siswa agar dapat mengontrol diri dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EMOSI SISWA, PEREMPUAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:56
Last Modified: 14 Jul 2025 07:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15391

Actions (login required)

View Item
View Item