Using Tempo Online Magazine to Teach Reading a News Item Text to Senior High School Students

Yanova, Metri (2011) Using Tempo Online Magazine to Teach Reading a News Item Text to Senior High School Students. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_METRI_YANOVA_72683_5968-2011.pdf] Text
B1_METRI_YANOVA_72683_5968-2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di Sekolah Menengah Atas (SMA), ada beberapa jenis teks yang harus di
ajarkan dan dikuasai siswa seperti teks naratif, deskriptif, eksposisi, dan news
item. Dalam mengajarkan membaca teks News Item, ada beberapa masalah yang
timbul di kelas, contohnya, siswa tidak memperhatikan ketika guru menerangkan
di depan kelas, mereka tidak tertarik dengan pelajaran tersebut dan juga merasa
bosan. Selain itu, guru hanya menggunakan materi yang ada di teksbook dan
topiknya tidak menarik. Oleh sebab itu, guru sebaiknya memilih media dan materi
yang cocok dan menarik bagi siswa. Salah satu nya dengan menggunakan Tempo
Online Magazine untuk mengajarkan teks News Item.
Penggunaan Tempo Online Magazine ini dikhususkan untuk sekolah yang
mempunyai labor komputer dan internet access karena guru akan mengajarkan
reading secara online dan menyuruh siswa untuk browsing internet saat itu juga.
Jadi, sekolah harus mempunyai fasilitas komputer yang cukup dan bisa digunakan
dengan baik. Dalam makalah ini, penulis mengemukakan langkah-langkah yang
digunakan guru dalam menggunakan Tempo Online Magazine untuk mengajarkan
News Item teks, yaitu: pre-teaching, whilst-teaching and post-teaching activity.
Dengan menggunakan Tempo Online Magazine ini diharapkan dapat membantu
guru dalam mengajarkan teks News Item, struktur teksnya, dapat menarik minat
belajar siswa, dan yang paling utama yaitu meningkatkan pemahaman siswa
tentang apa itu teks News Item.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 12 Feb 2025 08:15
Last Modified: 12 Feb 2025 08:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item
View Item