Penerapan Strategi Keterampilan Pembelajaran Kreatif-Produktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Siswa Kelas VIII-1 SMPN 28 Padang.

Nurlely, Nurlely (2014) Penerapan Strategi Keterampilan Pembelajaran Kreatif-Produktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Siswa Kelas VIII-1 SMPN 28 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NURLELY_1107948_3253_2014.pdf] Text
B1_5_NURLELY_1107948_3253_2014.pdf

Download (999kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan dilapangan, yaitu siswa kelas VIII-1 di SMPN 28 Padang yang mengalamipermasalahan dalam mata pelajaran keterampilan. Kondisi ini terlihat dari hasilketerampilan siswa yang belum memenuhi ketuntatasan belajar minimal yangditerapkan sekolah yakni 80. ketidak tuntasan ini disebabkan oleh banyak faktordiantaranya berkemungkinan disebabkan oleh strategi yang diterapkan guru matapelajaran keterampilan dalam memberikan pelajaran masih menggunakan modelkonvensional. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pemakaianstrategi pembelajaran kreatif-produktif dapat meningkatkan hasil belajarketerampilan sulaman siswa kelas VIII-1 di SMPN 28 Padang.Jenis penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian dalam PTK ini adalah siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 28orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Data penelitianini adalah hasil karya siswa yang berupa keterampilan Sulaman. Data yang telahterkumpul dianalisis menggunakan rumus persentase, teknik statistik deskriptif.Penerapan konsep tindakan kelas terdiri dari lima tahap, yaitu (1) orientasi, (2)perencanaan, (3) tindakan, (4) pengamatan, (5) Refleksi.Hasil penelitian, menyimpulkan, Pertama, penerapan strategi pembelajarankreatif-produktif dalam dua siklus (empat kali pertemuan tatap muka) dapatmeningkatkan secara signifikan pembelajaran keterampilan sulaman siswa kelasVIII-1 SMPN 28 Padang dari prasiklus sampai siklus 2. Pada tahap prasiklus ratarata nilai siswa yaitu 74,10% dan meningkat menjadi 78,21% pada siklus 1, danpada siklus 2 nilai rata-rata pembelajaran keterampilan sulaman siswa meningkatmenjadi 84,64%. Kedua, siswa kelas VIII-1 SMPN 28 Padang cenderung menilaipositif penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif dalam pembelajanketerampilan sulaman.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Disarankan kepada guru kelas atauguru mata pelajaraan agar dapat menggunakan strategi pembelajaran kreatifproduktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:09
Last Modified: 14 Jul 2025 03:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15347

Actions (login required)

View Item
View Item