Fitri, Hifzhia Mayeni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas V SDN 07 Kampung Pinang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HIFZHIA_MAYENI_FITRI_56673_2453_2013.pdf [thumbnail of B1_6_HIFZHIA_MAYENI_FITRI_56673_2453_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HIFZHIA_MAYENI_FITRI_56673_2453_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar penjumlahan bilangan bulat disebabkan pembelajaran hanya berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat dengan pendekatan RME di kelas V SDN 07 Kampung Pinang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus I: 2 x Pertemuan, dan Siklus II: 1 x Pertemuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 07 Kampung Pinang. Intsrumen penelitian adalah lembar observasi dan hasil tes adalah proses pembelajaran soal penjumlahan bilangan bulat dengan pendekatan RME. Hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh gambaran bahwa perencanaan pembelajaran pada siklus I baru berkualifikasi cukup dan pada perencanaan pembelajaran pada siklus II sudah berkualifikasi sangat baik, pelaksanaan pembelajaran penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan kemampuan siswa, sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hasil tes siswa pada akhir tindakan siklus I menunjukkan nilai rata-rata, hasil belajar siswa (aspek kognitif, afektif dan psikomotor) adalah 65,6% dan pada akhir siklus II nilai rata-rata belajar meningkat menjadi 76,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar di kelas V SDN 07 Kampung Pinang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN, DENGANPENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:07 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15335 |