Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas V SD Negeri 43 Dadok Tunggul Hitam Padang

Imral, Hidayatul Husna (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas V SD Negeri 43 Dadok Tunggul Hitam Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HIDAYATUL_HUSNA_IMRAL _15656_4518_2014.pdf] Text
B1_6_HIDAYATUL_HUSNA_IMRAL _15656_4518_2014.pdf

Download (762kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru kurang melibatkan siswa dalam kelompoknya untuk lebih aktif sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah di atas digunakan model Cooperative tipe NHT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative tipe NHT pada pembelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan prosedur dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata terhadap penilaian RPP siklus I 74,5% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 93% dengan kualifikasi sangat baik. Pada pelaksanaan, siklus I aspek guru memperoleh persentase 79% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 97% dengan kualifikasi sangat baik. Pada aspek siswa siklus I memperoleh persentase 79% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 97% dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71,1 dan siklus II 83. Dengan demikian, model pembeljaarn cooperative tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meingkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 43 Dadok Tunggul Hitam Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, MODEL COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:06
Last Modified: 14 Jul 2025 03:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15332

Actions (login required)

View Item
View Item