Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita dengan Pendekatan Problem Solving di Kelas V SD Muhammadiyah Kota Padang Panjang

Elides, Hidayati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita dengan Pendekatan Problem Solving di Kelas V SD Muhammadiyah Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HIDAYATI_ELIDES_93818_2446_2012.pdf] Text
B1_6_HIDAYATI_ELIDES_93818_2446_2012.pdf

Download (777kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar soal cerita tentang pengukuran waktu, jarak dan kecepatan di kelas V SD Muhammadiyah Kota Padang Panjang. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran siswa hanya diberi penjelasan-penjelasan dan contoh-contoh soal saja, kemudia siswa diminta untuk mengerjakan latihan sesuai dengan contoh yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan RPP, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar soal cerita tentang pengukuran waktu, jarak dan kecepatan dengan pendekatan problem solving. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat yang bertindak sebagai observer. Dan penelitian ini berupa data rencana pembelajaran, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Kota Padang Panjang tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan presentase hasil perencanaan pembelajaran siklus I yaitu 72,33%, siklus II 93%, hasil pelaksanaan kegiatan guru siklus I 73,67%, silus II 94,67, pelaksanaan kegiatan siswa siklus I 68%, siklus II 94,67%, serta rata-rata hasil belajar siswa siklus I dari aspek kognitif siswa 68,13, aspek afektif 57,88, aspek psikomotor 56,25, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif 94,38, aspek afektif 96,09, aspek pisikomotor 85,21. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan problem solving pada materi soal cerita dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Muhammadiyah Kota Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SOAL CERITA, PENDEKATAN PROBLEM SOLVING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 11 Jul 2025 07:26
Last Modified: 11 Jul 2025 07:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15319

Actions (login required)

View Item
View Item