Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII MTS Negeri 5 Padang

Miranda, Miranda (2021) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII MTS Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MIRANDA_FITRIYANI_15016045_2294_2021.pdf] Text
B1_01_MIRANDA_FITRIYANI_15016045_2294_2021.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan
membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII MTS Negeri 5 Padang.
Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII
MTS Negeri 5 Padang. Ketiga, menganalisis korelasi keterampilan membaca
pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa
kelas VIII MTS Negeri 5 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional dua variabel. Populasi
penelitian ini siswa kelas VIII MTS Negeri 5 Padang yang terdaftar pada tahun
ajaran 2019/2021 dengan jumlah 390 siswa yang tersebar dalam dua belas kelas.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang. Sampel diambil dengan
menggunakan teknik acak sederhana dengan presisi sebesar 25% menggunakan
teknik proportional random sampling. Data penelitian ini berupa skor hasil tes
keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks
eksposisi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif dan tes
unjuk kerja. Tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan
tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman
siswa VIII MTS Negeri 5 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup
(74,51). Kedua, Keterampilan menulis teks eksposisi berada pada kualisifikasi
baik (75,66). Ketiga, Keterampilan membaca pemahaman memiliki korelasi
dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTS Negeri 5
Padang dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Dengan
demikian, dapat disimpulkan untuk dapat menulis teks eksposisi, diperlukan
keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 11 Jul 2025 07:25
Last Modified: 11 Jul 2025 07:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15317

Actions (login required)

View Item
View Item