Angraini, Hervi (2016) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Menggunakan Metode Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) Bagi Siswa Kelas VI SDN 07 Toboh Palabah Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IRMA_SINTYA_DEWI_16129181_3834_2020.pdf [thumbnail of B1_6_IRMA_SINTYA_DEWI_16129181_3834_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IRMA_SINTYA_DEWI_16129181_3834_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran membaca intensif ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa menemukan makna tersirat dan meringkas teks bacaan dalam beberapa kalimat. Permasalahan tersebut terjadi karena dalam pembelajaran membaca intensif guru belum menggunakan metode yang tepat. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan metode SQ4R. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca intensif pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca dengan menggunakan metode SQ4R di kelas VI SDN 07 Toboh Palabah Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas VI sebagai peneliti di SDN 07 Toboh Palabah Kota Pariaman, kegiatan difokuskan pada setiap tahap yaitu prabaca, saatbaca dan pascabaca. Penelitian ini dilaksanakan yang dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Hasil penelitian dari setiap siklus terjadi peningkatan. Terlihat pada aktivitas guru pada siklus I tahap prabaca 62,50% (C), saatbaca 62,50% (C) dan pascabaca 75% (B). Rata-ratanya adalah 70% (B). Aktifitas siswa siklus I tahap prabaca 62,50% (B), saatbaca 50% (K), dan pascabaca 50% (K). Rata-ratanya 68,75% (C). Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I tahap prabaca 68,43% (C), saatbaca 67,23% (C) dan pascabaca 69,35% (C). Rata-ratanya adalah 68,34% (C). Sedangkan pada siklus II, pada aktivitas guru tahap prabaca 75% (B), saatbaca 100% (SB) dan pascabaca 75% (B). Rata-ratanya adalah 87,50% (SB). Pada aktifitas siswa siklus II tahap prabaca 87,50% (SB), saatbaca 100% (SB), pascabaca 75% (B). Rata-ratanya 79,15% (B). Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II tahap prabaca 86,03 (SB), saatbaca 88,45 (SB) dan pascabaca 88,71 (SB). Rata-ratanya adalah 87,73 (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan metode SQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF,SURVEY QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 02:20 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 02:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15302 |