Peningkatan Hasil Belajar Ansambel dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V SD 06 Simpang Haru Kota Padang

Agus, Hernivia (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ansambel dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V SD 06 Simpang Haru Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HERNIVIA_AGUS_56852_3444_2016.pdf] Text
B1_6_HERNIVIA_AGUS_56852_3444_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kenyataan yang ditemukan di sekolah dasar yaitu dalam pembelajaran ansambel belum menciptakan hasil yang memuaskan, disebabkan guru kurang menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa dalam pembelajaran ansambel. Disamping itu pendekatan yang digunakan guru kurang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran ansambel sehingga pembelajaran tersebut kurang efektif dan siswa merasa bosan dan jenuh sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar ansambel. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilakanakan dalam 2 silkus,siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan, dan siklus 2 dilaksanakan satu kali pertemuan. Sumber data pada penelitian ini meliputi, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan obsevasi, penilaian proses dan hasil. Hasil penelitianRPP siklus I diperoleh nilai rata-rata75% (C),dan siklus II meningkat menjadi 89,29% (SB). Pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I diperoleh nilai 80,24% (B), dan siklus II meningkat menjadi 88,39% (SB). Aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 75% (C), dan siklus II meningkat menjadi 88,39% (SB).Penilaian proses belajar siklus I diperoleh nilai rata-rata 80,88% (B), dan siklus II meningkat menjadi90,45 (SB).Penilaian hasil belajar siklus I diperoleh nilairata-rata 75,78% (C),dan siklus II meningkat menjadi 89,35% (SB).Dapat disimpulkan bahwa belajar ansambel dengan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR ANSAMBEL, PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:19
Last Modified: 11 Jul 2025 02:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15298

Actions (login required)

View Item
View Item