Yenti, Herni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Learning (Ctl) di Kelas IV SD Negeri 29 Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HERNI_YENTI_52700_2393_2012.pdf [thumbnail of B1_6_HERNI_YENTI_52700_2393_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HERNI_YENTI_52700_2393_2012.pdf
Download (940kB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti dan hasil observasi terhadap siswa dan guru di kelas IV SDN 29 Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar, hasil belajar IPA masih rendah, hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru, materi yang disampaikan guru dalam bentuk cerama dan kurangnya variasi yang dilakukan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kotekstual learning (CtL) di kelas IV SD Negeri 29 Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini mengunaakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran yang digunakan yakni dengan menggunakan pendekatan kontekstual learning (CtL). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun dengan mengikuti komponen-komponen pendekatan kontekstual learning (CtL). Sedangkan siswa yang diambil subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 29 Tabek Patah Kecamatan Salimpaung yang berjumlah 16 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan CtL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat pada : a) rata-rata skor aspek kognitif siswa pada siklus pertama 71% termasuk kriteria cukup, siklus kedua meningkat menjadi 84% termasuk kriteria baik, b) rata-rata skor aspek afektif iswa pada siklus pertama 72% termasuk kriteria cukup, siklus kedua meningkat menjadi 87,75% termasuk kriteria baik, c) rata-rata skor siswa pada aspek psikomotor siswa pada siklus pertama72,5%, siklus kedua meningkat menjadi 88% termasuk kriteria cukup. Berdasarkan penelitian di atas, maka pendekatan CtL dapat meningkatkan hasl belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 29 Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, KONTEKSTUAL LEARNING |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 08:48 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 08:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15297 |