Fransiska, Herlina (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SDN 05 Bandar Buat Kec. Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HERLINA_FRANSISKA_01358_4471_2012.pdf [thumbnail of B1_6_HERLINA_FRANSISKA_01358_4471_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HERLINA_FRANSISKA_01358_4471_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti yang menemukan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 05 Bandar Buat. Pembelajaran satu arah yang dilaksanakan guru mengakibatkan siswa bosan dan konsep materi pelajaran hanya sedikit tertinggal dipikiran siswa. Guru jarang sekali mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menantang yang berkaitan dengan materi pelajaran. Guru hanya berceramah kemudian meminta siswa mengerjakan soal-soal latihan tanpa memperhatikan siswa mengerti atau tidak dengan apa yang telah dijelaskan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Script. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Script di kelas IV SDN 05 Bandar Buat. Subjek penelitian adalah observer, peneliti dan siswa kelas IV SDN 05 Bandar Buat yang berjumlah sebanyak 34 orang. Alur penelitian berupa siklus yang terdiri dari perencanaan, pengamatan, tindakan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I perencanaan yang telah dirancang guru memperoleh nilai 76% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Kegiatan guru pada siklus I memperoleh nilai 73% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai 71% meningkat menjadi 88% pada siklus II Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 77 pada siklus I meningkat menjadi 86 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Script di kelas IV SDN 05 Bandar Buat meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, MODEL COOPERATIVE SCRIPT |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:20 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15290 |