Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV SDN 65 Manggopoh Utara Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Amri, Herlina (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV SDN 65 Manggopoh Utara Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HERLINA_AMRI_52406_189_2013.pdf] Text
B1_6_HERLINA_AMRI_52406_189_2013.pdf

Download (969kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan pembelajaran IPS guru kurang mampu mengembangkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa secara optimal dalam proses pembelajaran, sehingga mengakibatkan siswa tidak aktif, kurang bersemangat selama proses pembelajaran. Oleh sebab itu penulis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 65 Manggopoh Utara Kecamatan Lubuk Basung kabupaten Agam. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 65 Manggopoh Utara Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classromm action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian terungkap bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Devisions STAD meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 65 Manggopoh Utara Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Siklus I dan siklus II dengan rata-rata 74,01%. Aspek guru dan aspek siswa pada siklus I dan siklus II dengan rata-rata 75 %. Hasil belajar yang dicapai oleh siswa pada siklus I dan siklus II dengan rata-rata 73,05%. Dengan demikian dapat disimpulkan pada Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Devisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:20
Last Modified: 10 Jul 2025 03:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15287

Actions (login required)

View Item
View Item