Helminarsih, Nurismar (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Makrame Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas VIII 7 SMP Negeri 3 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NURISMAR_HELMINARSIH_1107940_548_2014.pdf [thumbnail of B1_5_NURISMAR_HELMINARSIH_1107940_548_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NURISMAR_HELMINARSIH_1107940_548_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan dilapangan, yaitu Siswa kelas VIII 7 di SMP Negeri 3 Sungai Limau yangmengalami permasalahan dalam mata pelajaran keterampilan. Kondisi empiris initerlihat dari hasil keterampilan siswa yang belum memenuhi ketuntasan belajarketerampilan. Adapun Kriteria Ketuntasan Minimum yang diterapkan di sekolahadalah 75.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswaterhadap mata pelajaran makrame. Tindakan yang diterapkan adalah denganmenggunakan Metode Demonstrasi. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasiteman sejawat dengan bentuk kegiatan tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus,yaitu siklus satu dan dua. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dimana dalam satu kali pertemuan 2 x 40 menit.Data dikumpulkan berdasarkan instrumen penelitian berupa lembarobservasi yang diisi oleh observer yang telah ditetapkan sebelumnya, selanjutnyadiolah dengan menggunakan teknik persentase. Jenis penelitian yang digunakanadalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research), sedangkan subjekpenelitian ini adalah Siswa Kelas VIII 7 di SMP Negeri 3 Sungai Limau yangmengalami permasalahan dalam mata pelajaran keterampilan.Berdasarkan tindakan yang diberikan dan hasil analisis data menunjukkanpeningkatan hasil belajar keterampilan Makrame secara signifikan, hal ini dapatterlihat pada siklus I rata-rata 73. Pada siklus II menunjukan peningkatan rata-rata79.43, hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa persiklus.Berdasarkan hasil temuan penelitian di atas maka dapat disimpulkanbahwa Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar keterampilanmakrame Siswa Kelas VIII 7 di SMP Negeri 3 Sungai Limau. Disarankan bagiguru kelas atau guru mata pelajaran agar dapat menggunakan MetodeDemonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR KETERAMPILAN, MAKRAME, METODE DEMONSTRASI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:54 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15276 |