Pendapat Guru Mata Pelajaran terhadap Pelaksanaan BK di SMP N 5 Pariaman.

Afni, Nuria Susi (2012) Pendapat Guru Mata Pelajaran terhadap Pelaksanaan BK di SMP N 5 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NURIA_SUSI_AFNI_88105_2820_2012.pdf] Text
B1_5_NURIA_SUSI_AFNI_88105_2820_2012.pdf

Download (315kB)

Abstract

Pelaksanaan tugas pokok guru pembimbing adalah (1) menyusun programkegiatan, (2) mengoperasionalisasikan program kegiatan, (3) adanya hasil layananbimbingan dan konseling. Kenyataanya tugas pokok tersebut belum terlaksanaoleh guru pembimbing, hal ini terungkap dari hasil wawancara dengan guru matapelajaran dan pengamatan selama PL (Praktek Lapangan) yaitu: guru matapelajaran berpresepsi bahwa kewajiban guru pembimbing yang utama adalahmengajar di depan kelas, menyelesaikan target kurikulum, memberi nilai danmengisi daftar nilai, selanjutnya unjuk kerja guru pembimbing yang belumproaktif. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tentang: (1) Programkegiatan BK apa saja yang dilaksanakan oleh guru pembimbing di sekolah (2)Bagaimana cara guru pembimbing mengoperasionalisasikan kegiatan BK disekolah (3) Gambaran hasil layanan BK di sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 36orang guru mata pelajaran di SMP N 5 Pariaman. Alat pengumpulan data yangdigunakan adalah angket. Data yang diperoleh, dianalisis dengan teknikpersentase.Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Guru mata pelajaranberpendapat bahwa pelaksanaan program kegiatan BK di sekolah sudah terlaksanadengan baik. (2) Guru mata pelajaran berpendapat bahwa operasionalisasiprogram kegiatan BK di sekolah sudah terlaksana dengan cukup baik. (3) Gurumata pelajaran berpendapat bahwa hasil layanan BK di sekolah sudah terlaksanadengan baik. Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan kepada: (1) KepalaSekolah, agar dapat mempertahankan hasil pelaksanaan BK yang sudahdilaksanakan oleh guru pembimbing, memberikan sokongan atau penguatanterhadap pelaksanaan program yang telah berjalan dengan baik berupa penyediaanfasilitas seperti komputer, AUM (Alat Ungkap Masalah), dan instrumentpenunjang BK lainnya, serta menyediakan anggaran untuk BK. (2) Gurupembimbing, meningkatkan secara profesional kinerja sesuai dengan uraian tugasmasing-masing. (3) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan bisa mengembangkantugas sesuai dengan tupoksi (tugas, pokok dan fungsi) masing-masing yaituprogram kegiatan, operasionalisasi program kegiatan dan hasil layanan BK agarmenjadi calon guru BK/konselor yang profesional nantinya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GURU MATA PELAJARAN, PELAKSANAAN BK
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 09 Jul 2025 08:54
Last Modified: 09 Jul 2025 08:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15274

Actions (login required)

View Item
View Item