Kenyamanan Peserta Didik di Pondok Pesantren dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling.

Nurfitri, Nurfitri (2020) Kenyamanan Peserta Didik di Pondok Pesantren dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NURFITRI_15006023_15006023_1448_2020.pdf] Text
B1_5_NURFITRI_15006023_15006023_1448_2020.pdf

Download (684kB)

Abstract

Kenyamanan di pondok pesantren merupakan suatu keadaan telahterpenuhinya kebutuhan dasar yang bersifat individual dan holistik.Kenyamanan dapat menyebabkan perasaan sejahtera dalam diri. Kenyamanandan perasaan nyaman adalah penilaian komprehensif peserta didik terhadaplingkungannya. Namun, kenyataan di lapangan ditemukan ada beberapapeserta didik yang kurang nyaman dengan kebersihan di pondok pesantren,beberapa peserta didik kurang nyaman dengan perlakuan senior, beberapapeserta didik kurang nyaman dengan pengasuh pondok, beberapa peserta didikkurang nyaman dengan fasilitas yang tersedia, beberapa peserta didik yangterganggu dengan kegiatan asrama yang menyebabkan mereka tidak fokusdalam belajar sehingga menggangu kenyamanan peserta didik. Hal ini akanmenjadi faktor penghambat tercapainya prestasi dan hasil belajar peserta didikyang maksimal. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkankenyamanan Peserta didik di pondok pesantren salah satunya denganmenggunakan layanan bimbingan dan konseling.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjekpenelitian ini adalah peserta didik di Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an AlMumtaz Kota solok tingkat SMA sebanyak 68 orang. Penelitian inidilaksanakan dengan mengadministrasikan instrumen kenyamanan pesertadidik di pondok pesantren. Data dianalisis dengan analisis persentase.Temuan penelitian mengungkapkan kenyamanan peserta didik diPondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Mumtaz Kota Solok secara umumberada pada kategori cukup nyaman. Lebih rincinya (1) kenyamanan pesertadidik ditinjau dari aspek fisik secara umum berada pada kategori cukupnyaman; (2) kenyamanan peserta didik ditinjau dari aspek psikospiritualsecara umum berada pada kategori cukup nyaman; (3) kenyamanan pesertadidik di ditinjau dari aspek lingkungan secara umum berada pada kategoricukup nyaman; (4) kenyamanan peserta didik ditinjau dari aspek sosiokulturalsecara umum berada pada kategori nyaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PESERTA DIDIK, PONDOK PESANTREN, BIMBINGAN DAN KONSELING
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:46
Last Modified: 09 Jul 2025 07:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15271

Actions (login required)

View Item
View Item