Wilda, Nurfah (2015) Pengaruh Penerapan LKS Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Ranah Pesisir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NURFAH_WILDA_01947_2479_2015.pdf [thumbnail of B1_5_NURFAH_WILDA_01947_2479_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NURFAH_WILDA_01947_2479_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar IPA Fisika siswa SMPN 3 Ranah Pesisir belumoptimal, disebabkan kurangnya keaktifan dan interaksi belajar siswa. Siswa hanyamengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru tanpa ada kerjasama antar siswa,sehingga siswa yang pintar akan semakin pintar dan bagi siswa yang lambatdalam berfikir akan semakin tertinggal. Salah satu upaya yang dapat dilakukanuntuk membantu siswa memecahkan permasalahan belajar adalah denganmenerapkan LKS berorientasi model pembelajaran TAI, sehingga siswa dapatterarah dalam bekerjasama di kelas, dan siswa lebih mudah memahami konsepkonsep materi pokok pembelajaran dengan mengerjakan LKS berorientasi modelpembelajaran TAI yang diberikan guru. Berdasarkan hal di atas telah dilakukanpenelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS berorientasi modelpembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa kelasVIII SMPN 3 Ranah Pesisir.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (QuasiExperimental) dengan jenis rancangan Randomized Control Group OnlyDesign. Populasi adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Ranah Pesisir yang terdaftarpada tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknikpurposive sampling. Data penelitian meliputi hasil belajar pada ranah kognitif,afektif, dan psikomotor. Instrumen penelitian berupa lembaran tes tertulis untukhasil belajar ranah kognitif, lembaran observasi untuk hasil belajar ranah afektif,dan lembaran daftar cek untuk penilaian unjuk kerja ranah psikomotor. Analisisdata untuk hasil belajar ketiga ranah dilakukan dengan uji kesamaan dua rata-rata.Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas yang telah dilakukan maka ujikesamaan dua rata-rata yang sesuai adalah uji t.Hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen88,38 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 80,01. Hasil belajar pada ranah afektifdidapatkan rata-rata kelas eksperimen 73,94 dan kelas control 63,58, sedangkanhasil belajar pada ranah psikomotor, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 88,91lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol 80,89. Setelah dilakukan uji tpada ketiga ranah, maka hipotesis kerja diterima, sehingga dapat disimpulkanbahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan LKS berorientasi modelpembelajaran TAI terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIII SMPN 3Ranah Pesisir pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR IPA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:40 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15270 |