Hendriyadi, Hendriyadi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SD Negeri 48 Ganting Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HENDRIYADI_93518_4090_2012.pdf [thumbnail of B1_6_HENDRIYADI_93518_4090_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HENDRIYADI_93518_4090_2012.pdf
Download (485kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis sebagai pengajar di SD Negeri 48 Ganting Kecamatan Koto Tangah Padang, terlihat rendahnya hasil belajar siswa di kelas V sehingga standar ketuntasan dalam pembelajaran IPA yang diinginkan belum tercapai.Hal ini disebabkan karena pembelajaran IPA masih dilaksanakan secara konvensional yaitu berpusat pada guru, pengembangan berbagai pendekatan dalam pembelajaran yang masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri di kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan melakukan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri 48 Ganting Kecamatan Koto Tangah Padang. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan hasil tes. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan inkuiri dapat dilihat pada siklus I pertemuan I di peroleh nilai rata-rata 64,7, pada pertemuan II di peroleh nilai rata-rata siswa 68,4. Pada siklus II terjadi peningkatan untuk pertemuan I hasil rata-rata nilai siswa yaitu 76,3, pada pertemuan II perolahan hasil rata-rata nilai siswa yaitu mengalami peningkatan 78,5. Dengan kesimpulan bahwa pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN IPA, MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:10 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15268 |