Harahap, Nur Indriati (2022) Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Usaha dan Energi di Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NUR_INDRIATI_HARAHAP_1033144_1765_2022.pdf [thumbnail of B1_5_NUR_INDRIATI_HARAHAP_1033144_1765_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NUR_INDRIATI_HARAHAP_1033144_1765_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran saat ini yaituditetapkannya kurikulum 2013 dan diharapkan adanya perubahan paradigma padapelaksanaan pembelajaran di sekolah. Kurikulum 2013 dituntut dapatmemfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kenyataan yangada di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masihrendah dan diketahui bahwa perlu difasilitasi dengan bahan ajar yang dapatmembantu guru dalam pembelajaran untuk menampilkan kompetensi yangdikuasai oleh siswa. Hal tersebut juga diketahui bahwa belum adanya bukupendamping yang mengasah berpikir kreatif dan rendahnya kemampuan berpikirkreatif serta minimnya sarana seperti media/bahan ajar pendamping menjadi suatualasan perlunya dikembangkan modul yang merangsang kemampuan berpikirkreatif siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas,praktikalitas, dan efektivitas modul fisika mengintegrasikan kemampuan berpikirkreatif pada materi usaha dan energi di kelas X SMA.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development(R&D). Objek dari penelitian adalah pengembangan modul fisikamengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif pada materi usaha dan energi yangdiujicobakan kepada siswa SMA 1 Barumun. Instrumen pengumpul data yangdigunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas,dan lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar siswa. Teknik analisisdata yang digunakan adalah analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk,dan analisis efektivitas produkBerdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasilpenelitian. Pertama, modul fisika mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatifmemiliki validitas tinggi dengan nilai rata-rata pada validasi adalah 84,6%.Berdasarkan nilai tersebut dapat dikemukakan bahwa secara keseluruhankomponen modul sudah berada pada kategori sangat valid. Kedua, penggunaanmodul fisika mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif adalah sangat praktisyang diperoleh dari nilai rata-rata menurut respon guru adalah 88%, dan nilai ratarata modul fisika menurut respon siswa adalah 90%. Ketiga, penggunaan modulfisika mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif efektif digunakan dalampembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN BERPIKIR, BERPIKIR KREATIF, ENERGI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:09 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15263 |