Azizah, Nur (2015) Ketercapaian Tugas Perkembangan Bidang Sosial Siswa yang Berprestasi dalam Belajar dan Implikasinya dalam Layanan BK di Sekolah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NUR_AZIZAH_15643_769_2015.pdf [thumbnail of B1_5_NUR_AZIZAH_15643_769_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NUR_AZIZAH_15643_769_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan merupakan suatu proses yang mencerminkan perilaku sosialmanusia pada posisi yang harmonis di dalam lingkungan masyarakat. MenurutHavighurst (dalam Sunarto dan Agung Hartono, 2006: 43) perkembangan tersebutdinyatakan sebagai tugas yang harus dipelajari, dijalani, dan dikuasai oleh setiap individudalam perjalanan hidupnya, atau dengan kata lain perjalanan hidup manusia ditandaidengan berbagai tugas perkembangan yang harus ditempuh. Berdasarkan hasil wawancaraterungkap bahwa siswa berprestasi belum mampu mencapai tugas perkembangan bidangsosial dengan baik. Misalnya kurang disukai dalam hal berhubungan sosial. Mereka lebihcenderung untuk menutup diri dan mempunyai sedikit teman. Serta tidak mauberpartisipasi aktif dalam diskusi.Penelitian ini bertujuan mengungkap ketercapaian tugas perkembangan bidangsosial siswa berprestasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun yangmenjadi sampel berjumlah 48 orang. Pengumpulan data menggunakan angket. Datadianalisis dengan menggunakan teknik analisis persentase.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) Ketercapaian tugas perkembanganbidang sosial dalam hal kemampuan membina hubungan yang lebih matang denganteman sebaya pada tergolong sedang dengan persentase 55,4%. (2) Dalam halkemampuan bertanggung jawab terhadap tingkah laku sosial pada kategori rendahdengan persentase 43,9%. (3) Yang berkenaan dengan kemampuan memiliki perangkatnilai dan sistem etika dalam bertingkah laku pada kategori rendah dengan persentase44,9%. (4) Dalam hal kemampuan melaksanakan peranan sosial sesuai dengan jeniskelamin oleh siswa laki-laki pada kategori rendah dengan persentase 49,1% dan siswaperempuan pada kategori sedang dengan persentase 60,6%. Berdasarkan hasil penelitianini diharapkan pelayanan BK di sekolah agar lebih intensif terutama dalam membantusiswa berprestasi untuk meningkatkan ketercapaian tugas perkembangan bidang sosial.Dari hasil penelitian tersebut disarankan kepada siswa berprestasi dalam belajaragar mampu meningkatkan ketercapaian tugas perkembangannya terutama tugasperkembangan bidang sosial. Kepada guru BK dapat memberikan layanan bimbingan dankonseling yang bisa mempertahankan bahkan meningkatkan ketercapaian tugasperkembangan bidang sosial siswa berprestasi dalam belajar tersebut. Serta bagi personilsekolah lainnya bisa memfasilitasi siswa berprestasi dalam belajar untuk meningkatkanketercapaian tugas perkembangan bidang sosial.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SOSIAL SISWA, PRESTASI SISWA, HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:09 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15261 |