Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning(CTL) di Kelas V SD Negeri 17 Batu Banyak Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok

Firdaus, Hendri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning(CTL) di Kelas V SD Negeri 17 Batu Banyak Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HENDRI_FIRDAUS_93540_2452_2012.pdf] Text
B1_6_HENDRI_FIRDAUS_93540_2452_2012.pdf

Download (718kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan di SD Negeri 17 Batu Banyak Kec.Lembang Jaya kab. Solok. Pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi dan guru tidak membawakan materi ke pengalaman peserta didik, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi peserta didik dan hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan. Berdasarkan data nilai ulangan harian menghitung luas bangun datar di kelas V, masih banyak peserta didik yang memperoleh nilai di bawah standar ketuntasan. Untuk itu peneliti dengan penelitian tindakan kelas ini bertujuan melakakukan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan untuk meningkatkan hasil belajar luas Bangun Datar dengan pendekatan CTL di kelas V SD Negeri 17 Batu Banyak Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri atas empat tindakan dalam dua siklus, penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 17 Batu Banyak Kec.Lembang Jaya Kab.Solok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar pencatatan lapangan Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar luas bangun datar peserta didik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat pada: siklus I pertemuan 1 aspek kognitif 70,4% aspek afektif 75,7% dan aspek psikomotor 76,6% pada siklus I pertemuan 2 terjadi peningkatan aspek kognitif 71.42%, aspek afektif 77,6 % dan aspek psikomotor 83 %. Pada siklus II pertemuan 1 pada aspek kognitif 81% aspek afektif 82% dan aspek psikomotor 89%. Pada siklus II pertemuan 2 lebih meningkat aspek kognitif 85% aspek afektif 85% dan aspek psikomotor 94%. Dari hasil belajar yang telah dicapai peserta didik terbukti pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini perencanaan pembelajaran luas bangun datar di sajikan dengan pendekatan CTL yang terdiri atas 7 langkah yaitu : (1)kontrutifisme (2)inquiri/menemukan (3)bertanya (4)masyarakat belajar (5) pemodelan (6)refleksi (7)penilaian sebenarnya. Dalam pelaksanaannya dapat meningkatkan penilaian hasil belajar dan ketuntasan peserta didik pada pembelajaran luas bangun datar. Disarankan bagi guru yang ingin menerapkan mendekatan CTL pada luas bangun datar hendaknya penyajian materi sesuai dengan konteks kehidupan nyata, kreatif merancang pembelajaran dan memberikan bimbingan serta memotivasi peserta didik secara sunguh-sunguh dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR LUAS BANGUN DATAR, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:12
Last Modified: 09 Jul 2025 03:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15253

Actions (login required)

View Item
View Item