Afia, Nur (2011) Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Modul Menggunakan Mind Map pada Kelas X Semester 1 di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NUR AFIA_84123_2012.pdf [thumbnail of B1_5_NUR AFIA_84123_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NUR AFIA_84123_2012.pdf
Download (564kB)
Abstract
Bahan ajar merupakan bagian dari sumber belajar yang membantu gurumenyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Kenyataan yang ditemukan dilapangan adalah bahan ajar yang digunakan kurang. Umumnya siswamenggunakan buku teks sebagai sumber belajar yang memiliki begitu banyakinformasi sehingga membuat siswa bingung dan jenuh mempelajarinya.Disamping itu, siswa juga mengalami kesulitan menyimpulkan apa yang telahdibaca. Untuk itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang dapat meningkatkan minatsiswa dalam mempelajari fisika serta meningkatkan pemahaman siswa.Berdasarkan hal tersebut dibuatlah bahan ajar dalam bentuk Modul MenggunakanMind Map. Bahan ajar tersebut akan dilakukan penelitian dengan tujuanmenghasilkan Modul Menggunakan Mind Map yang valid, praktis, dan efektif.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development(R&D). Sebagai objek penelitian yaitu Modul Menggunakan Mind Map padamateri fisika kelas X semester 1 SMA dan subjek uji coba adalah siswa kelas X1SMA Negeri 2 Bukittinggi. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalampenelitian ini adalah: lembar validasi tenaga ahli, lembar respon guru, serta teshasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah interpretasi data dalamgrafik, analisis deskriptif dan uji perbandingan berkorelasi.Hasil penelitian menunjukkan desain Modul Menggunakan Mind Mappada kelas X semester 1 SMA sangat valid dengan nilai validitas 4,25. Hasil ujikepraktisan dalam aspek kepraktisan penggunaannya menunjukkan modul inipraktis menurut guru fisika sebesar 84%. Sedangkan hasil uji efektivitas ModulMenggunakan Mind Map ini adalah efektif yang ditandai dengan peningkatanhasil belajar fisika siswa secara signifikan, yaitu pre tes dan post tes denganmenggunakan uji t. Hasil yang didapat thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5%,sehingga didapat thitung sebesar 42,123.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR,MODULMIND MAP |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:12 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15252 |