Agustian, Nozi Opra (2013) Pembuatan Bahan Ajar Fisika Berbasis Web Pada Konsep Termodinamika Untuk Pembelajaran Menurut Standar Proses Siswa Kelas XI SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NOZI_OPRA_AGUSTIAN_05063_5851_2013.pdf [thumbnail of B1_5_NOZI_OPRA_AGUSTIAN_05063_5851_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NOZI_OPRA_AGUSTIAN_05063_5851_2013.pdf
Download (750kB)
Abstract
Ketersediaan bahan ajar dapat mendukung proses pembelajaran di sekolah.Salah satu bentuk bahan ajar adalah bahan ajar berbasis web. Bahan ajar berbasisweb diperlukan dalam pembelajaran karena dapat memberi kemungkinan bagisiswa untuk berinteraksi dengan sumber belajar dan memperoleh informasi secaraluas. Namun, kenyataan di lapangan pemanfaatan bahan ajar Fisika berbasis webbelum optimal dalam pembelajaran. Dengan dasar ini pembuatan bahan ajarberbasis web perlu dilakukan. Penggunaan bahan ajar Fisika berbasis webdiperkirakan dapat membuat pembelajaran menjadi menarik dan membantu siswadalam memahami konsep Fisika yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk menghasilkan bahan ajar Fisika berbasis web pada konsep Termodinamikayang memiliki deskripsi baik, valid, praktis dan efektif digunakan dalampembelajaran Fisika di sekolah.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development(R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen sebelumsesudah yang diterapkan pada objek penelitian. Sebagai objek penelitian ada duayaitu bahan ajar Fisika berbasis web dan siswa kelas XI IPA 4 SMA N 10 Padangyang berjumlah 26 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalampenelitian ini adalah lembar validitas, lembar kepraktisan, dan tes hasil belajarsiswa. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah metoda grafik,analisis statistik deskriptif, dan uji perbandingan dua rata-rata berkorelasi.Berdasarkan analisis data dapat dikemukakan hasil dari penelitian ini.Pertama, desain produk bahan ajar Fisika berbasis web yang dihasilkan adalahvalid dengan nilai rata-rata 83,54%. Kedua, bahan ajar Fisika berbasis web padakonsep Termodinamika untuk kelas XI semester II memiliki menu utamapendahuluan, kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, latihan soal,evaluasi, referensi, obrolan (chat) dan forum. Ketiga, penggunaan bahan ajarFisika berbasis web adalah praktis bagi guru dan siswa dengan nilai rata-rata89,51% dan 75,89 %. Keempat, penggunaan bahan ajar Fisika berbasis webadalah efektif yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar Fisika siswasebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar Fisika berbasis web pada konsepTermodinamika secara berarti.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR FISIKA, TERMODINAMIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 01:50 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 01:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15249 |