Hubungan Self Efficacy dengan Perilaku Menyontek Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Karimah, Hasnah (2020) Hubungan Self Efficacy dengan Perilaku Menyontek Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HASNAH_KARIMAH _16006067_3280_2020.pdf] Text
B1_5_HASNAH_KARIMAH _16006067_3280_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini, fenomena perilaku menyontek yang dilakukan siswa
masih sering ditemukan dilapangan. Salah satu faktor penyebab
terjadinya perilaku menyontek adalah rendahnya keyakinan diri siswa
atau rendahnya self efficacy siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat gambaran perilaku menyontek siswa, self efficacy siswa, dan
menguji hubungan self efficacy dengan perilaku menyontek siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif
dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian
adalah siswa SMA Negeri 3 Padang yang berjumlah 667 orang siswa,
dengan sampel sebanyak 250 orang siswa yang dipilih dengan teknik
stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan
instrumen model skala likert. Untuk melihat hubungan kedua variabel
menggunakan Pearson Correlation Product Moment.
Hasil penelitian ini menemukan: 1) self efficacy siswa mayoritas
berada pada kategori tinggi dengan persentase 57,6%, 2) perilaku
menyontek siswa mayoritas berada pada kategori sedang dengan
persentase 48% 3) terdapat hubungan yang negatif signifikan antara
self efficay dengan perilaku menyontek dengan rxy = - 0,497 dan taraf
signifikan sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa SMA
Negeri 3 Padang mayoritas memiliki self efficacy tinggi dan mayoritas
memiliki perilaku menyontek sedang.
Dalam rangka mengurangi perilaku menyontek siswa, maka
layanan bimbingan dan konseling dapat diberikan melalui, 1) layanan
informasi terkait pentingnya memiliki self efficacy yang baik dan
dampak perilaku meyontek, 2) layanan konseling individual bagi siswa
yang bermasalah , 3) layanan bimbingan kelompok, dan 4) layanan
konseling kelompok dengan topik pentingnya memiliki self efficacy
yang baik dan dampak perilaku menyontek. Program layanan
dilakukan untuk meningkatkan self efficacy dan mengurangi perilaku
menyontek siswa, sehingga siswa dapat menghilangkan perilaku
menyontek.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SELF EFFICACY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:18
Last Modified: 08 Jul 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15236

Actions (login required)

View Item
View Item