Adi, Novi Hendri (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Achievent Division (STAD) pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NOVI_HENDRI_ADI_13756_3045_2014.pdf [thumbnail of B1_5_NOVI_HENDRI_ADI_13756_3045_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NOVI_HENDRI_ADI_13756_3045_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapanganyaitu di SMK Negeri 1 Tanjung Raya, masih banyaknya siswa kelas X Teknik AudioVideo yang memperoleh nilai hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasanminimal pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan yang ditetapkansekolah yaitu 75 dengan rentangan 0 - 100.Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh hasil belajarsetelah menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe StudentAchievent Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen,populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Tanjung Raya TA2013/2014. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Microsoft Exceluntuk uji homogenitas, normalitas, dan ujihipotesis.Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan modelpembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Achievent Division (STAD) yaitu81,28 sementara siswa kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran langsunglebih rendah yaitu 74,36. Hasil hipotesis dengan menggunakan Microsoft Excel didapati bahwa thitung 2,521 > ttabel 2,06, sehingga hipotesis alternative (H1) diterima ataumenolak hipotesis nihil (H0). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasilbelajar kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, KOOPERATIF TIPE STAD, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:48 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15214 |