Pembuatan Bahan Ajar Mobile E-Learning Interaktif untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMAN 10 Padang.

Sofiana, Nora (2014) Pembuatan Bahan Ajar Mobile E-Learning Interaktif untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMAN 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NORA_SOFIANA_17486_3288_2014.pdf] Text
B1_5_NORA_SOFIANA_17486_3288_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saat ini Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berkembang begitu pesat. Pemanfaatan teknologi merupakan suatu upaya yang dapat dilakukan untukmengoptimalkan penggunaan bahan ajar, mengefektifkan, dan mengefesiensikanproses pembelajaran serta dapat membuat pembelajaran lebih menarik,menyenangkan dan membantu siswa dalam memahami pelajaran Fisika. Salahsatu solusinya adalah membuat bahan ajar yang interaktif dengan menggunakanperangkat mobile. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahanajar mobile e-leaning interaktif yang valid, praktis, dan efektif digunakan untukpembelajaran Fisika SMA. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development(R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen sebelum dansesudah (before-after) yaitu dengan membandingkan nilai sebelum dan sesudahdiberikan perlakuan. Objek penelitian yaitu bahan ajar mobile e-learninginteraktif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA2 sebanyak 34 orang.Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah: lembar validasi, lembar ujikepraktisan, dan hasil belajar siswa aspek kognitif. Teknik analisis produk dandata yang digunakan adalah analisis validitas produk, analisis praktikalitas, dananalisis efektivitas. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan empathasil penelitian. Pertama, bahan ajar memiliki nilai validitas dengan nilai rata-rata84,7. Kedua, nilai rata-rata kepraktisan bahan ajar mobile e-learning interaktifmenurut guru dan siswa adalah 87,39. Ketiga, bahan ajar mobile e-learninginteraktif terbukti efektif meningkatkan hasil belajar Fisika siswa dengan nilairata-rata pretes dan postes masing-masing adalah 56,59 dan 85,76. Jadi, dapatdisimpulkan bahwa bahan ajar mobile e-learning interaktif layak digunakan danmampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, MOBILE E-LEARNING INTERAKTIF, PEMBELAJARAN FISIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:41
Last Modified: 07 Jul 2025 08:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15196

Actions (login required)

View Item
View Item