Tirtawati, Nopi (2011) Pengaruh Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X SMA N 1 Sungai Geringging Kabupaten Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NOPITIRTAWATI_94314_2011.pdf [thumbnail of B1_5_NOPITIRTAWATI_94314_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NOPITIRTAWATI_94314_2011.pdf
Download (255kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMA Negeri 1 Sungai Geringging masih ada siswa kelas X yangmemperoleh hasil belajar dibawah standar kriteria minimum pada mata pelajaranTeknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 65dengan rentang 0 – 100. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpenerapan metode belajar aktif tipe Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajarmata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas x SMA N 1Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalahpenelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan quasy experimental desig.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Sungai Geringging Tp.2010/2011. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi pembelajaran menggunakanmetode belajar aktif tipe Index Card Match (ICM) dan yang menjadi kelompokkontrol adalah kelas yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkandari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Data yangdiperoleh dianalisis secara manual untuk uji homogenitas dan normalitas sertahipotesisnya. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yangmenggunakan metode belajar aktif tipe Index Card Macth (ICM) yaitu 69,5,sementara siswa yang menggunakan menggunakan metode konvensional lebihrendah yaitu 63,61. Hasil hipotesis secara manual didapatkan bahwa berdasarkanhasil uji t diperoleh thitung 2,55 > ttabel (1,669). Dengan demikian hipotesis yangdikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan sebesar 0,05 %,sehingga dapat disimpulkan penerapan Metode belajar aktif tipe Index Card Matchdapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE BELAJAR, HASIL BELAJAR, TEKNOLOGI INFORMASI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:59 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15190 |