Aisyah, Risa Nur (2012) Hubungan Antara Perhatian Orangtua dengan Disiplin Anak di SMP Negeri 4 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RISA_NUR_AISYAH_88000_3476_2012.pdf [thumbnail of B1_5_RISA_NUR_AISYAH_88000_3476_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RISA_NUR_AISYAH_88000_3476_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Orangtua perlu memberikan perlakuan pendidikan, pengajaran dan keterampilan serta kedisiplinan dalam mentaati peraturan di sekolah berdasarkan keberadaan siswa sedini mungkin. Perhatian orangtua terhadap siswa sangat diperlukan, jika perhatian orangtua baik maka tingkah laku yang ditampilkan siswa akan baik pula namun sebaliknya, jika perhatian orangtua kepada anak sangat keras maka tingkah laku siswa menjadi tidak baik. Fenomena yang terjadi di lapangan masih terdapat siswa yang tidak disiplin di sekolah dalam menjalankan peraturan-peraturan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) perhatian orangtua yang diterapkan terhadap anaknya, 2) Disiplin siswa terhadap tingkah lakunya di sekolah,3) Mengungkapkan hubungan antara perhatian orangtua dengan disiplin siswa di sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan dengan hubungan antar variabel yang akan diteliti yaitu variabel perhatian orangtua dan variabel disiplin anak di SMP Negeri 4 Koto XI Tarusan. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution (SPSS) versi 17.00 Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa perhatian orangtua secara keseluruhan dikategorikan kurang baik, terbukti mengurus keperluan materil sebesar 40,54% dikategorikan kurang baik, dan memberikan kasih sayang 67,89% dikategorikan baik, sedangkan tugas pendidikan 37,36% dikategorikan kurang baik. Hasil penelitian disiplin anak di sekolah yang berkaitan dengan peraturan belajar sebesar 26,12% diketegorikan kurang baik, disiplin anak di sekolah yang berkaitan dengan peraturan berpakaian sebesar 17,85% dikategorikan tidak baik, Disiplin anak di sekolah yang berkaitan dengan peraturan tentang lingkungan sekolah 19,36% dikategorikan kurang baik, disiplin anak di sekolah yang berkaitan dengan peraturan tentang moral 16,13% dikategorikan tidak baik. Sehingga dapat terlihat hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua dengan disiplin anak di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, bagi orangtua diharapkan mampu memberikan perhatian pada anak dengan baik agar anak merasa dirinya dihargai dan dianggap keberadaanya. Guru pembimbing diharapkan mampu mempersiapkan siswanya dengan memberikan pemahaman berupa materi, memberikan contoh yang baik, mendidik siswanya dan mempersiapkan lingkungan sosial yang kondusif yaitu dengan menggunakan layanan informasi, bimbingan dan konseling kelompok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERHATIAN ORANGTUA, DISIPLIN ANAK |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:59 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15188 |