Pengaruh Penerapan LKPD Berorientasi Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Padang

Trio, Nopem (2015) Pengaruh Penerapan LKPD Berorientasi Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NOPEM_TRIO_1106316_6125_2015.pdf] Text
B1_5_NOPEM_TRIO_1106316_6125_2015.pdf

Download (678kB)

Abstract

Rendahnya kompetensi IPA peserta didik salah satu penyebabnya adalahpenggunaan lembar kerja peserta didik yang belum mendukung modelpembelajaran yang dipilih guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh penerapan LKPD Berorientasi Model Pembelajaran Terpadu TipeConnected terhadap pencapaian kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN12 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semudengan rancangan Randomized Control Group Only Design.Populasi penelitianadalah semua siswa kelas VIII SMPN 12 Padang yang terdaftar pada TahunPelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik PurposiveSampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dankelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi tiga kompetensi yaitupengetahuan, sikap dan keterampilan. Instrumen penelitian untuk aspekpengetahuanRendahnya kompetensi IPA peserta didik salah satu penyebabnyaadalah penggunaan lembar kerja peserta didik yang belum mendukung modelpembelajaran yang dipilih guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh penerapan LKPD Berorientasi Model Pembelajaran Terpadu TipeConnected terhadap pencapaian kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN12 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semudengan rancangan Randomized Control Group Only Design.Populasi penelitianadalah semua siswa kelas VIII SMPN 12 Padang yang terdaftar pada TahunPelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik PurposiveSampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dankelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi tiga kompetensi yaitupengetahuan, sikap dan keterampilan. Instrumen penelitian untuk aspekpengetahuan berupa tes hasil belajar, sikap berupa lembar observasi danketerampilan berupa penilaian kinerja. Teknik analisis data menggunakan ujikesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05 untuk tiga aspek yaitu pengetahuan,sikap dan keterampilan. Berdasarkan analisis data diperoleh kompetensi IPA peserta didik padaaspek pengetahun, sikap dan keterampilan terdapat perbedaan pada kelaseksperimen dan kelas kontrol. Dapat dikemukakan hasil penelitian bahwapenerapan LKPD Berorientasi Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connectedterhadap pencapaian kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Padangpada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan terdapat perbedaan yangsignifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN,TIPE CONNECTED, PENCAPAIAN KOMPETENSI IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:20
Last Modified: 07 Jul 2025 04:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15179

Actions (login required)

View Item
View Item