Pengaruh LKS Berorientasi Model Picture and Picture dalam Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 1 X Koto Singkarak.

Hendra, Noka (2015) Pengaruh LKS Berorientasi Model Picture and Picture dalam Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 1 X Koto Singkarak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NOKA_HENDRA_05064_3221_2015.pdf] Text
B1_5_NOKA_HENDRA_05064_3221_2015.pdf

Download (602kB)

Abstract

Penggunaan LKS berorientasi model Picture and Picture denganpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), diharapkan dapatmeningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan pola fikir yang lebih tinggisehingga materi yang dipelajari oleh siswa akan diingat lebih lama. Selain itudapat meningkatkan motivasi dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran sertamengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancanganRandomize Control Group Only Design. Pada penelitian ini menggunakan duakelas sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimenmenggunakan LKS berorientasi model Picture and Picture dengan pendekatanContextual Teaching and Learning (CTL), sedangkan kelas Kontrolmenggunakan LKS biasa dengan pendekatan CTL Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata, uji regresi sederhana, dan ujikorelasi product-moment pada taraf nyata 0,05.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar rata-rata pada ranahpengetahuan adalah 81,83 untuk kelas eksperimen dan 72,33 untuk kelas kontrol.Pada ranah sikap adalah 80,9 untuk kelas eksperimen dan 76,6 untuk kelaskontrol. Selanjutnya pada ranah keterampilan diperoleh 87,3 untuk kelaseksperimen dan 75.8 untuk kelas kontrol. Setelah dilakukan uji t terhadap keduakelompok sampel pada ranh pengetahuan didapatkan ݐ௜௛௧௨௡௚ = 3,39 lebih besardari ݐ௧௔௕௘௟= 1,68 Pada ranah sikap didapatkan ݐ௜௛௧௨௡௚ = 2,47 lebih besar dariݐ௧௔௕௘௟= 1.68 dan pada ranah keterampilan didapatkan ݐ௜௛௧௨௡௚ = 6,05 lebih besardari ݐ௧௔௕௘௟= 1.68. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakanterdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS berorientasi model Picture andpicture dalam pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajarIPA siswa kelas VII SMPN 1 X Koto Singkarak dapat diterima pada taraf nyata0,05

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PICTURE AND PICTURE, HASIL BELAJAR IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Jul 2025 11:08
Last Modified: 04 Jul 2025 11:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15164

Actions (login required)

View Item
View Item