Devitri, Nining (2014) Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Kelas X SMAN 1 2 X 11 Kayutanam Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NINING_DEVITRI_16026_5840_2014.pdf [thumbnail of B1_5_NINING_DEVITRI_16026_5840_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NINING_DEVITRI_16026_5840_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran Fisika pada hakekatnya menuntut guru dan siswa untukdapat berinteraksi secara aktif. Pada kenyataannya pembelajaran yangberlangsung saat ini belum sesuai dengan harapan, seperti yang terjadi di SMAN1 2 X 11 Kayutanam Padang Pariaman. Siswa masih banyak yang belum aktifdalam pembelajaran, hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang berlangsungmasih bersifat teacher centered. Dalam pembelajaran guru jarang melibatkansiswa dalam menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS), adapun LKS yangdigunakan siswa belum sesuai dengan karakteristik materi dan kurikulum. LKSyang digunakan masih memaparkan materi tanpa melibatkan siswa membangunkonsep di benaknya. Salah satu cara untuk mengatasi keadaan tersebut adalahdengan menggunakan LKS berbasis Group Investigation , dimana LKS ini dapatmengaktifkan siswa dalam pembelajaran.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (QuasiExperiment Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control GroupOnly Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 2 X 11Kayutanam Padang Pariaman terdaftar pada Tahun Ajaran 2013/2014 terdiri dari8 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, terpilihkelas X 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X 1 sebagai kelas eksperimen. Datapenelitian meliputi hasil belajar dari tiga ranah yaitu kognitif, afektif, danpsikomotor. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi danrubrik penskoran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t padataraf nyata 0,05.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil penelitiansebagai berikut: (1) Pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen74,67 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 67,9, (2) Pada ranah afektif rata-ratakelas eksperimen 80,33, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 74,64, (3) Padaranah psikomotor, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 80,55 lebih tinggidibandingkan kelas kontrol 76,50. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelaseksperimen lebih baik dari kelas kontrol setelah digunakan LKS berbasis GroupInvestigation berdasarkan uji statistik yang dilakukan yaitu uji t pada taraf nyata0,05. Perbedaan ini diyakini adalah akibat pengaruh penerapan LKS berbasisGroup Investigation dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS BERBASIS GROUP, HASIL BELAJAR FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:49 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 08:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15145 |