Kontribusi Kreativitas Siswa dan Suasana Belajar terhadap Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) Siswa Kelas I Elektro SMK Negeri 1 Pariaman.

Karnila, Nila (2011) Kontribusi Kreativitas Siswa dan Suasana Belajar terhadap Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) Siswa Kelas I Elektro SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NILA_KARNILA_87670_2011.pdf] Text
B1_5_NILA_KARNILA_87670_2011.pdf

Download (299kB)

Abstract

Masalah penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaranmenganalisis rangkaian listrik, hal ini dipengaruhi oleh faktor dalam diri siswayang sedang belajar diantaranya kreativitas siswa dan suasana belajar. Penelitianini bertujuan mengungkap: 1) Seberapa besar kontribusi Kreativitas siswaterhadap hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik kelas I E SMK N 1Pariaman. 2) Mengungkap seberapa besar kontribusi suasana belajar terhadaphasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik kelas I E SMK N 1 Pariaman. 3)Mengungkap seberapa besar kontribusi kreativitas siswa dan suasana belajar dapatsama-sama mempengaruhi hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik kelas I ESMK N 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional,yang menjadi subjek dalam penelitian adalah siswa kelas I Teknik Elektro diSMK N 1 Pariaman yang berjumlah 116 orang. Teknik pengumpulan datapenelitian ini adalah dengan menggunakan angket yang disebar kepada sampelpenelitian. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif denganperhitungan persentase dan regresi dengan bantuan program SPSS versi 17.0.hasil penelitian ini antara lain: 1) Terdapat kontribusi kreativitas siswa terhadaphasil belajar MRL siswa kelas I E di SMK N Pariaman. Berdasarkan rangkaiananalisis data menunjukan bahwa kreativitas siswa (X1) terhadap hasil belajar (Y)secara empiris memiliki kontribusi secara signifikan sebesar = 42,5%. 2) Terdapatkontribusi suasana belajar terhadap hasil belajar MRL siswa kelas I E di SMK NPariaman. Berdasarkan rangkaian analisis data menunjukan bahwa Susana belajar(X2) terhadap hasil belajar (Y) secara empiris memiliki kontribusi secarasignifikan sebesar = 26,8%. 3) Terdapat kontribusi kreativitas siswa dan suasanabelajar terhadap hasil belajar MRL siswa kelas I E di SMK N Pariaman, dengankoefisien korelasi sebesar = 0,821. Dengan koefisien determinan sebesar = 67,4%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KREATIVITAS SISWA, SUASANA BELAJAR, HASIL BELAJAR, RANGKAIAN LISTRIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Jul 2025 06:55
Last Modified: 04 Jul 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15135

Actions (login required)

View Item
View Item