Reski, Niko (2014) Konsep Diri dan Kedisiplinan Belajar Siswa SMKN 2 Sungai Penuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NIKO_RESKI_01335_552_2014.pdf [thumbnail of B1_5_NIKO_RESKI_01335_552_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NIKO_RESKI_01335_552_2014.pdf
Download (492kB)
Abstract
Konsep diri memiliki peranan penting dalam mengarahkan perilakuseseorang. Di sekolah siswa dituntut untuk mematuhi disiplin dalam belajar agarproses belajar menjadi lebih efektif. Pada kenyataannya di sekolah ditemukanpermasalahan adanya siswa yang kurang mampu dalam melaksanakan disiplinbelajar yang baik, seperti terlambat datang ke sekolah, bolos sekolah, kurangmemperhatikan dengan serius dalam proses belajar, meribut, keluar masuk kelas,siswa tidak membuat Pekerjaan Rumah (PR), mencontek tugas, bahkanmencontek pada saat ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambarankonsep diri dan kedisiplinan serta menguji perbedaan konsep diri siswa disiplindan kurang disiplin dalam belajar di SMKN 2 Sungai Penuh. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif komparatif yaitu mendeskripsikan konsep diri dankedisiplinan belajar siswa disiplin dan kurang disiplin dalam belajar di SMKN 2Sungai Penuh serta mengungkapkan perbedaan konsep diri siswa disiplin dankurang disiplin belajar di SMKN 2 Sungai Penuh. Pengumpulan datamenggunakan angket tentang konsep diri dan kedisiplinan belajar. Data dianalisisdengan teknik statistik untuk mencari persentase, sedangan untuk mengungkapkanperbedaan konsep diri siswa disiplin dan kurang disiplin belajar digunakan teknikuji beda t tes.Hasil penelitian yang diperoleh bahwa konsep diri siswa disiplin dalambelajar sebagian besar dengan kategori cukup baik, sedangkan konsep diri siswakurang disiplin dalam belajar sebagian besar dengan kategori cukup baikKedisiplinan belajar siswa disiplin dalam belajar dengan kategori cukup baik ,sedangkan kedisiplinan belajar siswa kurang disiplin dalam belajar dengankategori cukup baik. Hasil penelitian terhadap menunjukkan bahwa terdapatperbedaan yang signifikan antara konsep diri siswa disiplin belajar dan kurangdisiplin belajar di SMKN 2 Sungai Penuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONSEP DIRI, KEDISIPLINAN BELAJAR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:54 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15127 |