Hubungan Kontrol Diri dengan Penggunaan Gadget Siswa SMA.

Debora, Niken (2021) Hubungan Kontrol Diri dengan Penggunaan Gadget Siswa SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NIKEN_DEBORA_16006099_1869_2021.pdf] Text
B1_5_NIKEN_DEBORA_16006099_1869_2021.pdf

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin canggih, terutama dibidangteknologi salah satunya gadget, sehingga dapat menimbulkan dampakpositif dan dampak negatif bagi penggunanya. Salah satu dampak negatifadalah penggunaan gadget yang berlebihan pada siswa, dalampenggunaannya siswa tidak mampu mengontrol diri untuk bermain gadget.Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan kontrol diri siswa, (2)Mendeskripsikan penggunaan gadget siswa, dan (3) untuk mengujihubungan kontrol diri dengan penggunaan gadget siswa SMA.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenisdeksriptif korelasional. Subjek penelitian ini sebanyak 245 orang siswadengan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalahangket dengan menggunakan model skala likert. Data dianalisis denganteknik statistik deskriptif dan untuk menguji hubungan kontrol diri denganpenggunaaan gadget digunakan teknik Rank Spearman Correlation.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kontrol diri siswa padaumumnya berada pada kategori sedang, (2) penggunaan gadget siswaberada pada kategori tinggi, (3) tidak terdapat hubungan antara kontrol diridengan penggunaan gadget siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, saranpeneliti terhadap guru bimbingan dan konseling untuk lebih meningkatkankontrol diri siswa dengam memberikan layanan bimbingan informasi,layanan bimbingan kelompok, agar mampu mengontrol dirinya denganlebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KONTROL DIRI, GADGET
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Jul 2025 02:58
Last Modified: 04 Jul 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item
View Item