Maidiarti, Neri (2011) Penerapan Problem Posing Dilengkapi Handout pada Pembelajaran Fisika Kelas XI SMAN 2 Batang Kapas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NERI_MAIDIARTI_86249_471_2012.pdf [thumbnail of B1_5_NERI_MAIDIARTI_86249_471_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NERI_MAIDIARTI_86249_471_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran fisika yang diharapkan adalah pembelajaran yang melibatkanpartisipasi dan keaktifan siswa dalam mengalami serta menemukan sendiri konseppembelajaran. Namun kenyataannya, banyak siswa yang kurang aktif dalamproses pembelajaran. Sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar yangdiperoleh siswa. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat menciptakan suasanabelajar yang menyenangkan dan mendorong keaktifan belajar siswa adalahdengan menerapkan problem posing dilengkapi handout. Maka tujuan padapenelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 2Batang Kapas dalam ketercapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM)pembelajaran dan untuk menyelidiki pengaruh problem posing dilengkapihandout dalam pembelajaran Fisika terhadap hasil belajar siswa kelas XI diSMAN 2 Batang Kapas.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu denganrancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalahsiswa kelas XI SMA N 2 Batang Kapas yang terdaftar pada semester I tahunpelajaran 2011/2012. Sampel penelitian adalah kelas XI.IPA1 sebagai kelaseksperimen dan kelas XI.IPA2 sebagai kelas kontrol. Kelas sampel ditentukanmelalui teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian berupa testertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif. Teknik analisisdata penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif, danranah afektif .Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh hasil belajar pada ranahkognitif nilai rata-rata kelas eksperimen 71,33 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu64,00. Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan perolehan bahwa thitung = 2,44dan ttabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung berada diluar daerahpenerimaan H0, maka Hi diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-ratakelas eksperimen 71,83 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 66,86. Hasil analisisuji t, diperoleh thitung = 2,34 besar dari ttabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05 berartithitung berada diluar daerah penerimaan H0, maka Hi diterima. Dengan arti katabahwa terdapat pengaruh yang berarti dari pembelajaran problem posingdilengkapi handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI semester 1 SMA N2 Batang Kapas.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROBLEM POSING, HANDOUT, PEMBELAJARAN FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 05:20 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 05:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15082 |