Gambaran Pelaksanaan Supervisi oleh Pengelola PAUD di Kecamatan Kuranji, Kota Padang

Yanti, Elvi (2015) Gambaran Pelaksanaan Supervisi oleh Pengelola PAUD di Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ELVI_YANTI_1208867_1208867_66_2016.pdf] Text
B1_4_ELVI_YANTI_1208867_1208867_66_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan PAUD yang ada di Kecamatan Kuranji, Kota Padang, yang diduga terkait dengan supervisi yang dilakukan oleh pengelola PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pelaksanaan supervisi tentang proses pembelajaran dan administrasi pembelajaran oleh pengelola PAUD di Kecamatan Kuranji, Kota Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian seluruh pengelola PAUD di Kecamatan Kuranji sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sample yaitu sampel di ambil 65% dari jumlah populasi sebanyak 20 orang pengelola PAUD. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, alat yang digunakan angket, dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian adalah (1) gambaran pelaksanaan supervisi oleh pengelola berupa pembinaan terhadap proses pembelajaran di PAUD sangat baik, dan (2) gambaran pelaksanaan supervisi oleh pengelola berupa pembinaan terhadap administrasi pembelajaran di PAUD sangat baik. Disarankan kepada pengelola untuk selalu mempertahankan kompetensi dalam mengawasi yang sudah sangat baik dan selalu melakukan inovasi dalam meningkatkan supervisi terhadap lembaga PAUD, dan kepada guru untuk selalu memperbaiki dan mengembangkan metode pengajaran demi memberikan layanan PAUD yang terbaik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 03 Jul 2025 05:19
Last Modified: 03 Jul 2025 05:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15079

Actions (login required)

View Item
View Item