Arysa, Neka (2014) Pembuatan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Pendekatan Saintifik untuk Mencapai Kompetensi Siswa Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NEKA_ARYSA _05048_18_2015.pdf [thumbnail of B1_5_NEKA_ARYSA _05048_18_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NEKA_ARYSA _05048_18_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Salah satu ciri kurikulum 2013 adalah menerapkan pendekatan saintifik.Ada lima elemen dalam pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya,mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Salah satu alternatifuntuk mewujudkan pendukung pendekatan ini adalah LKS. Dengan menggunakanLKS berorientasi pendekatan saintifik diharapkan dapat memunculkan kreativitasbagi siswa. Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahamankepada siswa dalam mengenal dan memahami berbagai materi menggunakanpendekatan ilmiah. Kondisi pembelajaran yang diharapkan diarahkan untukmendorong siswa dalam mencari tahu berbagai informasi terutama difokuskanmelalui observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkatpembelajaran IPA berorientasi pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektifsehingga dapat disesuaikan oleh siswa kelas VII SMP semester 2.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development(R&D). Sebagai objek penelitian yaitu perangkat pembelajaran berorientasipendekatan saintifik dan subjek uji coba adalah siswa kelas VII7 SMP Negeri 31Padang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah:lembar validasi tenaga ahli, lembar uji kepraktisan menurut guru IPA, lembar ujikepraktisan menurut siswa, dan lembar tes hasil belajar dalam ranah kognitif.Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan,metode grafik, analisis statistik deskriptif, dan analisis perbandinganmenggunakan uji-t.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian ini.Pertama, perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik pada kelas VIIsemester 2 SMP berada pada kategori sangat valid dengan nilai validitas 80.21untuk RPP dan 84.41 untuk LKS. Kedua, perangkat pembelajaran berorientasipendekatan saintifik ini sangat praktis dengan nilai rata-rata 96.69 untuk RPP dan86.17 untuk LKS untuk hasil rata-rata tanggapan guru dan 88.10 untuk hasil ratarata tanggapan siswa. Ketiga, penggunaan perangkat pembelajaran berorientasipendekatan saintifik adalah efektif dalam pembelajaran yang ditandai denganpeningkatan kompetensi siswa IPA siswa secara signifikan antara sesudah dansebelum penggunaan perangkat pembelajaran pada taraf nyata 5%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN IPA, PENDEKATAN SAINTIFIK, KOMPETENSI SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:20 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 03:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15065 |