Nazifah, Naurah (2020) Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Literasi Baru Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas Siswa Kelas XI SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NAURAH_NAZIFAH_16033108_650_2020.pdf [thumbnail of B1_5_NAURAH_NAZIFAH_16033108_650_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NAURAH_NAZIFAH_16033108_650_2020.pdf
Download (7MB)
Abstract
Revolusi industri 4.0 menuntut manusia untuk memiliki keterampilan abad21. Pendidikan abad 21 seharusnya mampu mengembangkan kompetensipengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai unggul, yang erat kaitannya denganliterasi. Literasi siswa akan dapat membantu proses pembelajaran, sehingga siswadapat mengaplikasikan materi pembelajaran dengan gejala alam yang adadisekitarnya. Salah satu literasi yang cocok untuk menjawab tantangan pada era iniyaitu literasi baru. Literasi baru mencakup literasi data, teknologi dan manusia.Kenyataan di sekolah belum sesuai yang diharapkan, sumber belajar yangdigunakan siswa belum sepenuhnya mencakup literasi baru. Salah satu solisi untukmengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan modul fisikamengintegrasikan literasi baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukanvaliditas, kepraktisan dan efektivitas penggunaan terhadap modul fisika.Jenis penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development(R&D). Objek penelitian dari penelitian ini adalah modul fisika mengintegrasikanliterasi baru yang di uji coba terbatas kepada salah satu kelas XI SMA PembanguanLaboratorium UNP. Sumber data dari penelitian ini adalah tenaga ahli yang meliputidosen FMIPA sebagai validator, guru fisika di SMA Pembangunan LaboratoriumUNP, dengan siswa kelas XI MIA 1 sebagai pengguna modul fisika. Instrumenpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: lembar validitas,lembar uji kepraktisan, lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar, lembarobservasi sikap siswa, dan lembar penilaian keterampilan siswa. Teknik analisisdata yang digunakan adalah analisis deskriptif terhadap validitas produk dankepraktisan produk serta efektivitas produk menggunakan uji t berkorelasi untukkomponen sikap, pengetahuan dan keterampilan.Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapatdikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, validasi modul fisika mengintegrasikanliterasi baru dengan nilai rata-rata 86,12 yang berada pada kategori baik sekali.Kedua, praktisan modul fisika mengintegrasikan literasi baru dengan rata-rata nilaimenurut guru dan siswa adalah 91,33 dan 89,73 yang berada pada tingkat praktisanbaik sekali. Ketiga, penggunaan modul fisika mengintegrasikan literasi baru adalahefektif dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi sikap,pengetahuan, dan keterampilan siswa. Jadi, kesimpulan penelitian, yaitu modulfisika mengintegrasikan literasi baru adalah valid, praktis, dan efektif digunakandalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODUL FISIKA, KALOR, PENDIDIKAN FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:47 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15046 |