Pengaruh Penggunaan Media Evaluasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang)

Paysa, Mevyola Sri (2022) Pengaruh Penggunaan Media Evaluasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MEVYOLA_SRI_PAYSA_16053102_3959_2022.pdf] Text
B1_01_MEVYOLA_SRI_PAYSA_16053102_3959_2022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu)
menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau
tidaknya pengaruh penggunaan media evaluasi Kahoot terhadap hasil belajar
siswa (studi kasus pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang). Penelitian ini
terdiri dari dua variabel yaitu Media Evaluasi Kahoot sebagai variabel bebas (X)
dan Hasil Belajar Siswa sebagai variabel terikat (Y). Desain penelitian ini
menggunakan Pre-test dan Post-test Control Group Design. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu berupa tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian
ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang sebanyak 356 siswa yang
terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan Simple Random Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini
sebesar 72 orang siswa yaitu kelas XE.7 sebanyak 36 orang siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas XE.5 sebanyak 36 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data
yang diperoleh di analisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial
dimana semua analisis diolah menggunakan SPSS versi 22 dengan alpha 0,05.
Hasil penelitian berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai
Sig.(2-tailed) sebesar 0,009 < 0,05 maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan
media evaluasi Kahoot pada kelas eksperimen. Dengan demikian penggunaan
media evaluasi Kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA
Negeri 2 Padang. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai
Sig.(2-tailed) sebesar 0,102 > 0,05 maka H0 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa
tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen yang
menggunakan media evaluasi Kahoot maupun kelas kontrol yang tidak
menggunakan media evaluasi Kahoot (konvensional).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:45
Last Modified: 03 Jul 2025 02:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15037

Actions (login required)

View Item
View Item