Saputri, Nasti (2012) Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sungai Penuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NASTI SAPUTRI_86244_2012.pdf [thumbnail of B1_5_NASTI SAPUTRI_86244_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NASTI SAPUTRI_86244_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Seharusnya dalam pembelajaran Fisika hasil belajar siswa tinggi karenaperistiwa Fisika dekat dengan kehidupan sehari-hari namun hasil belajar fisika diSMP Negeri 1 Sungai Penuh rendah. Salah satu penyebab masalah ini adalahkurangnya motivasi siswa dalam belajar. Sebagai alternatif pemecahan masalahadalah menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) bercirikan Sains TeknologiMasyarakat (STM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhpenerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat menggunakan lembarkerja siswa terhadapa hasil belajar fisika siswa kelas VII SMPN 1 Sungai Penuh.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan RandomizedControl Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswapada kelas VII SMPN 1 Sungai Penuh yang terdaftar pada tahun ajaran2011/2012. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster Sampling. Teknikpengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan lembarobservasi untuk ranah afektif dan ranah psikomotor. Teknik analisis datapenelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ketiga ranahkompetensi.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil daripenelitian ini. Pertama, nilai rata-rata siswa menggunakan LKS pada ranahkognitif 69,00, pada ranah afektif 87,00, dan pada ranah psikomotor 71,97.Kedua, penggunaan LKS bercirikan STM memberikan pengaruh yang berartiterhadap hasil belajar Fisika siswa baik pada ranah kognitif, ranah afektif, danranah psikomotor
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, SAINS TEKNOLOGI, LEMBAR KERJA SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 05:15 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 05:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15006 |