Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Memanfaatkan CD Interaktif terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X SMA N 3 Padang.

Sari, Najmi Laila (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Memanfaatkan CD Interaktif terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X SMA N 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NAJMI_LAILA_SARI_94304_2011.pdf] Text
B1_5_NAJMI_LAILA_SARI_94304_2011.pdf

Download (324kB)

Abstract

Suatu proses pembelajaran akan berjalan dengan baik jika terjadi interaksiyang baik antara guru dan siswa. Namun pada kenyataannya dalam prosespembelajaran di sekolah belum banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran.Selama ini siswa cenderung hanya memperhatikan guru menerangkan pelajarankemudian mencatat dan diakhir pelajaran guru memberikan tugas. Keadaanseperti ini membuat siswa bosan dan jenuh dengan pembelajaran yang merekahadapi sehingga terdorong siswa melakukan kegiatan lain yang tidak berhubungandengan pembelajaran, khususnya mata pelajaran Teknologi Informasi danKomunikasi (TIK) yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa.Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar siswa aktif dalam belajaradalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah denganmemanfaatkan CD Interaktif dalam mata pelajaran TIK pada siswa kelas X SMAN 3 Padang pada tahun ajaran 2010/2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui hasil belajar TIK dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalahdengan memanfaatkan CD Interaktif lebih baik dari pembelajaran yangmenggunakan metode pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan RandomizedKontrol Group Only Design. Kelas X3 dijadikan sebagai kelas eksperimen dan X5sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar TIK siswa diperoleh melalui tes akhir.Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa hasil belajar TIK siswa setelahmenggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan memanfaatkan CDInteraktif lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional. Hal ini dapatterlihat dari rata-rata siswa 80,64. Dengan demikian dapat disimpulkan hasilbelajar TIK siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan ModelPembelajaran Berbasis Masalah dengan memanfaatkan CD Interaktif lebih baikdaripada pembelajaran konvensional di kelas X SMA N 3 Padang tahun pelajaran2010/2011.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR TIK, MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:40
Last Modified: 02 Jul 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14991

Actions (login required)

View Item
View Item