Yunestika, Nadya (2015) Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Berbasis Karakter Melalui Model Pembelajaran Contructive Controversy Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NADYA_YUNESTIKA_1101406_1101406_1255_2015.pdf [thumbnail of B1_5_NADYA_YUNESTIKA_1101406_1101406_1255_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NADYA_YUNESTIKA_1101406_1101406_1255_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika belum tercapai dengan baik.Hal ini disebabkan oleh kurang termotivasinya dan kurang aktifnya siswa dalamproses pembelajaran. Disamping itu model pembelajaran dan bahan ajar yangdigunakan kurang bervariasi dan belum ada memuat nilai-nilai karakter, akibatnyasiswa belum bisa menemukan dan memecahkan masalah dari materi fisika, dansiswa belum bisa menemukan nilai-nilai karakter yang terdapat pada materi yangdipelajari. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan bahan ajar yang berbasis karakterdengan model pembelajaran contructive controversy yang dibatasi pada materiHukum Gravitasi Newton, Usaha dan Energi, dan Getaran Harmonik. Penelitianini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan bahan ajar berbasis karaktermelalui model pembelajaran contructive controversy terhadap hasil belajar siswakelas XI SMAN 6 Padang.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment Research)dengan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas XI SMAN 6 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2014/2015.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Datapenelitian meliputi pencapaian hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata untuk kelaseksperimen dan kelas kontrol berturut-turut yaitu pada kompetensi pengetahuan(85,40) dan (80,65), kompetensi sikap yaitu (82,39) dan (80,08), dan kompetensiketerampilan yaitu (82,20) dan (79,90). Karena data pengetahuan kedua kelassampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen, dilakukan ujikesamaan dua rata-rata dengan uji t. Untuk kompetensi pengetahuan nilai thitung(4,40), kompetensi sikap nilai thitung (2,048), dan kompetensi keterampilan nilaithitung (2,035) dengan ttabel = 2,00. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai uji t ketigakompetensi berada di luar penerimaan Ho. Dengan demikian hipotesis kerja yangberbunyi pengaruh penerapan bahan ajar berbasis karakter melalui modelpembelajaran contructive controversy terhadap hasil belajar siswa kelas XISMAN 6 Padang diterima untuk ketiga aspek kompetensi pada tingkatkepercayaan 95%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENERAPAN BAHAN AJAR,MODEL PEMBELAJARAN, |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:38 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14983 |