Pengaruh LKPD Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Fluida terhadap Kompetensi Peserta Didik Kelas XI SMAN 12 Padang.

Pratiwi, Nadya (2019) Pengaruh LKPD Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Fluida terhadap Kompetensi Peserta Didik Kelas XI SMAN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NADYA_PRATIWI_15033037_826_2019.pdf] Text
B1_5_NADYA_PRATIWI_15033037_826_2019.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran yang digunakan pendidik saat ini masih menggunakanmetode ceramah dalam penyampaian materi, kurangnya penggunaan model dalammenerapkan pembelajaran peserta didik dirasa belum mampu meningkatkankompetensi peserta didik yang sesuai dengan kurikulum 2013. Pendidik masihmenggunakan bahan ajar yang belum dikembangkan sehingga pembelajaran fisikabagi peserta didik dirasa kurang. LKPD yang telah dikembangkan oleh penelitisebelumnya dalam pengembanganya peneliti tersebut menerapkan model discoverylearning Pada LKPD, sehingga dapat di gunakan dalam pembelajaran fisika padamateri fluida untuk Kelas XI SMA N 12 Padang. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan kompetensi peserta didik dilihat dari tiga aspek yaitu kompetensisikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (QuasiExperiment Research) dengan rancangan penelitian Posttest Only ControlDesigned. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA yangterdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian diambilsecara Cluster random sampling. Alat pengumpul data berupa tes tertulis melaluiposttest untuk kompetensi pengetahuan dan lembar observasi untuk kompetensisikap serta lembar unjuk kerja untuk penilaian kompetensi keterampilan. Teknikanalisis data berupa deskripsi bentuk grafik untuk kompetensi sikap serta ujikesamaan dua-rata-rata untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kompetensi kelaseksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dalam semua aspek. Hasil analisisdata kelas sampel terdistribusi normal dan homogen sehingga digunakan uji tdengan ttabel = 1,99, dengan taraf nyata sebesar 0,05. Pada kompetensi sikapdiperoleh nilai thitung = 7,068 dengan rata-rata kompetensi sikap pada kelaseksperimen adalah 78,5 dan untuk kelas kontrol sebesar 68,59. Pada kompetensipengetahuan diperoleh nilai thitung =2,27 dengan nilai rata-rata kompetensipengetahuan kelas eksperimen adalah 75,14 dan pada kelas kontrol sebesar 68,83.Pada kompetensi keterampilan di peroleh thitung sebesar 5,062 dengan nilai rata-ratakelas eksperimen adalah 78,62 dan kelas kontrol 70,10. Dari uji t pada setiapkompetensi peserta didik di peroleh bahwa thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak dan Hiditerima. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berartipada penggunaan LKPD berbasis model discovery learning pada materi fluidaterhadap kompetensi peserta didik kelas XI SMAN 12 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DISCOVERY LEARNING, FLUIDA,KOMPETENSI PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:48
Last Modified: 02 Jul 2025 01:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14979

Actions (login required)

View Item
View Item