Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kartu kata Bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Calau Sumpur Kudus Selatan

Wirdaningsih. D, Wirdaningsih. D (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kartu kata Bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Calau Sumpur Kudus Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_WIRDANINGSIH_D_1209624_280_2016.pdf] Text
B1_4_WIRDANINGSIH_D_1209624_280_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca anak di taman kanak-kanak Aisyiyah Calau Sumpur Kudus Selatan masih tergolong rendah, hal ini dilihat dari kemampuan anak membaca gambar, kemampuan anak menyebutkan kata pada gambar, dan kemampuan anak menyebutkan huruf awal pada gambar. Selain itu pemakaian media dan metode yang kurang menarik dan bervariasi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca anak yaitu melalui permainan kartu kata bergambar, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan kartu kata bergambar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak TK Aisyiyah Calau Sumpur Kudus Selatan Kabupaten Sijunjung kelompok B2, dengan jumlah anak 10 orang dan waktu penelitian pada bulan Mei sampai Juni 2014 dan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan dilaksanakan tiga kali pertemuan setiap siklusnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembaran observasi dan dokumentasi berupa foto, data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase.
Hasil penelitian di setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam meningkatkan kemampuan membaca anak terlihat dengan tercapainya persentase keberhasilan anak yang mana hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang diharapkan dapat disimpulkan bahwa dengan permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:16
Last Modified: 01 Jul 2025 08:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14961

Actions (login required)

View Item
View Item