Gusnawati, Rini (2016) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa Kelas XI Bahasa di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RINI_GUSNAWATI_1105572_3529_2016.pdf [thumbnail of B1_5_RINI_GUSNAWATI_1105572_3529_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RINI_GUSNAWATI_1105572_3529_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Masa remaja merupakan salah satu periode penting selama rentang kehidupan. Berbagai perubahan pada remaja dapat terjadi dengan cepat. Perubahan yang terjadi pada remaja diantaranya adalah perubahan fisik dan perubahan psikologis yang membawa dampak pada diri remaja seperti tidak memahami diri dengan baik sehingga mempengaruhi penerimaan terhadap diri sendiri. Salah satu jenis layanan bimbingan dan konseling yang dapat dimanfaatkan untuk membantu remaja untuk dapat menerima diri sendiri yaitu layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerimaan diri siswa kelas XI Bahasa SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok serta peningkatannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen jenis The One-Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks test SPSS versi 20.00. Microsoft Excell 2007. Temuan penelitian adalah (1) tingkatan penerimaan diri siswa sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori rendah, (2) tingkatan penerimaan diri siswa setelah diberikan perlakuan berada pada kategori sangat tinggi, yang berarti bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa (3) terdapat perbedaan yang signifikan tingkatan penerimaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan Wilcoxon’s Signed Rank Test sebesar ,005 dan taraf signifikansi 0,05 (0,005 < 0,05), dengan demikian terdapat perbedaan peningkatan penerimaan diri siswa antara pre-test dan post-test. Oleh karena itu guru BK disarankan untuk dapat mengembangkan layanan bimbingan dan konseling terutama layanan bimbingan kelompok untuk membantu meningkatkan penerimaan diri siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK, MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:14 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14899 |