Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Padang

Ronaldi, Ronaldi (2013) Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RONALDI_05684_1213_2013.pdf] Text
B1_5_RONALDI_05684_1213_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh dukungan orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 6
Padang (2) pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 6 Padang (3) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar
ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 6 Padang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 6 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2012/2013, berjumlah 132 orang. Teknik penarikan sampel dengan
proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 57 orang, penentuan ukuran sampel dari populasi menggunakan pendekatan Slovin. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner , sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) dukungan orang tua dan kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS
SMAN 6 Padang dengan tingkat sumbangan bersama-sama sebesar 0,354 yaitu 35,40 %. (2) dukungan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar
ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 6 Padang dengan tingkat pengaruhnya sebesar 0,159, (3) kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil
belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 6 Padang dengan tingkat pengaruhnya sebesar 0,434. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar orang tua meningkatkan
kesediaanya dalam mendampingi dan membimbing anak dalam belajar di rumah serta membantu kesulitan belajar anak. Dan kepada siswa disarankan agar membiasakan mempelajari terlebih dahulu materi yang akan diajarkan guru dikelas dan pandai memanfaatkan waktu luang untuk untuk belajar, misalnya membaca buku diperpustakaan, mengulang materi yang dipelajari sebelumnya dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 30 Jun 2025 05:54
Last Modified: 30 Jun 2025 05:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14884

Actions (login required)

View Item
View Item