Mahardikawati, Estelita (2019) Hubungan Stres Kerja dengan Kepuasan Kerja Karyawan di Perusahaan dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ESTELITA_MAHARDIKAWATI_15006062_5918_2019.pdf [thumbnail of B1_5_ESTELITA_MAHARDIKAWATI_15006062_5918_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ESTELITA_MAHARDIKAWATI_15006062_5918_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Stres kerja merupakan suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanyaketidakseimbangan fisik dan psikis yang mempengaruhi emosi, proses pikir dankondisi seorang karyawan. Stres yang terlalu besar dapat mengancam kemampuanseseorang untuk menghadapi lingkungan, sebagai hasilnya pada diri karyawanmenimbulkan ketidakpuasan mereka dalam bekerja. Kepuasan kerja merupakancara individu merasakan pekerjaannya yang dihasilkan dari sikap individu tersebutterhadap berbagai aspek yang terkandung dalam pekerjaan. Salah satu faktor yangmempengaruhi kepuasan kerja adalah stres kerja. Adapun tujuan dari penelitianini adalah (1) mendeskripsikan stres kerja karyawan, (2) mendeskripsikankepuasan kerja karyawan (3) menguji hubungan antara stres kerja karyawandengan kepuasan kerja karyawan di perusahaan dan (4) mendeskripsikanbagaimana implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling.Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif korelasional denganmetode kuantitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalahseluruh karyawan bagian service Auto 2000 Ladang Laweh kecamatan Banuhampu, Bukittinggi yang berjumlah 12 karyawan. Instrumen penelitian yangdigunakan adalah angket stres kerja dan angket kepuasan kerja. Data dianalisisdengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment denganbantuan program SPSS For Windows 20.0Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) stres kerja karyawan beradapada kategori rendah, (2) kepuasan kerja karyawan berada pada kategori tinggidan (3) terdapat hubungan signifikan negatif antara stres kerja dengan kepuasankerja karyawan dengan koefisien korelasi -0,635 yang berada pada tarafsignifikansi 0,027. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada konseloruntuk dapat memberikan beberapa bidang layanan di dunia usaha industri sepertipenempatan kerja, penyesuaian kerja, kepuasan kerja, pemindahan kerja danpengentasan masalah lainnya, agar dapat membantu untuk meringankan streskerja dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan di perusahaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRES KERJA, KEPUASAN KERJA, LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:06 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14802 |