Hubungan Stres Kerja dengan Kepuasan Kerja Karyawan di Perusahaan dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling.

Mahardikawati, Estelita (2019) Hubungan Stres Kerja dengan Kepuasan Kerja Karyawan di Perusahaan dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ESTELITA_MAHARDIKAWATI_15006062_5918_2019.pdf] Text
B1_5_ESTELITA_MAHARDIKAWATI_15006062_5918_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Stres kerja merupakan suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanyaketidakseimbangan fisik dan psikis yang mempengaruhi emosi, proses pikir dankondisi seorang karyawan. Stres yang terlalu besar dapat mengancam kemampuanseseorang untuk menghadapi lingkungan, sebagai hasilnya pada diri karyawanmenimbulkan ketidakpuasan mereka dalam bekerja. Kepuasan kerja merupakancara individu merasakan pekerjaannya yang dihasilkan dari sikap individu tersebutterhadap berbagai aspek yang terkandung dalam pekerjaan. Salah satu faktor yangmempengaruhi kepuasan kerja adalah stres kerja. Adapun tujuan dari penelitianini adalah (1) mendeskripsikan stres kerja karyawan, (2) mendeskripsikankepuasan kerja karyawan (3) menguji hubungan antara stres kerja karyawandengan kepuasan kerja karyawan di perusahaan dan (4) mendeskripsikanbagaimana implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling.Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif korelasional denganmetode kuantitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalahseluruh karyawan bagian service Auto 2000 Ladang Laweh kecamatan Banuhampu, Bukittinggi yang berjumlah 12 karyawan. Instrumen penelitian yangdigunakan adalah angket stres kerja dan angket kepuasan kerja. Data dianalisisdengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment denganbantuan program SPSS For Windows 20.0Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) stres kerja karyawan beradapada kategori rendah, (2) kepuasan kerja karyawan berada pada kategori tinggidan (3) terdapat hubungan signifikan negatif antara stres kerja dengan kepuasankerja karyawan dengan koefisien korelasi -0,635 yang berada pada tarafsignifikansi 0,027. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada konseloruntuk dapat memberikan beberapa bidang layanan di dunia usaha industri sepertipenempatan kerja, penyesuaian kerja, kepuasan kerja, pemindahan kerja danpengentasan masalah lainnya, agar dapat membantu untuk meringankan streskerja dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan di perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRES KERJA, KEPUASAN KERJA, LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:06
Last Modified: 26 Jun 2025 08:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14802

Actions (login required)

View Item
View Item