Rianti., Ervina (2020) Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Konsep Diri Siswa Prasejahtera di SMP Negeri 6 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ERVINA_RIANTI_16006062_3083_2020.pdf [thumbnail of B1_5_ERVINA_RIANTI_16006062_3083_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ERVINA_RIANTI_16006062_3083_2020.pdf
Download (2MB)
Abstract
Siswa prasejahtera yang memiliki keterbatasan ekonomi memiliki berbagaimacam kendala keuangan dalam menjalani kehidupan. Kenyataan yang ditemukanmasih banyak siswa prasejahtera tersebut yang konsep dirinya rendah.Konsep diriadalah suatu cara pandang yang dimiliki setiap individu mengenai dirinya,termasuk kelebihan dan kekurangan yang ada dalam dirinya, baik berupapengetahuan, penilaian dan harapan mereka tentang dirinya. Salah satu faktoryang diduga mempengaruhi konsep diri tersebut adalah dukungan sosial orangtuayang mereka peroleh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungandukungan sosial orangtua dengan konsep diri siswa prasejahtera di SMP Negeri 6Kota Solok.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodedeskriptif korelasional, dengan sampel sebanyak 61 orang siswa prasejahtera SMPNegeri 6 Kota Solok, dengan menggunakan teknik Purposive Sampling.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang disebarmelalui aplikasi google forms, dengan berpedoman pada Skala Likert. Datadianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Korelasi Pearson ProductMoment.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Dukungan sosial orangtuasiswa prasejahtera secara umum berada pada kategori tinggi dengan frekuensi42.62295%, (2) Konsep diri siswa prasejahtera secara umum berada pada kategorisedang dengan frekuensi 40.98361, (3) Terdapat hubungan positif yang signifikanantara dukungan sosial orangtua dengan konsep diri siswa prasejahtera dengankoefisien korelasi 0,586 dengan taraf signifikansi 0,000, sehingga Ha yangdiajukan dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan positif yangsignifikan antara dukungan sosial orangtua dengan konsep diri siswa prasejahtera
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SOSIAL ORANGTUA, KONSEP DIRI SISWA, SISWA PRASEJAHTERA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:03 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14794 |